Dalam
dunia kerja tidak slamanya setiap orang akan bekerja dengan semangat. Sama
seperti karyawan, tidak selamanya seorang karyawan akan berkerja semangatnya
sama seperti saat seperti pertama kali dia bekerja, karena pasti ada titik
jenuhnya. Akan tetapi kejenuhan itu tidak boleh kita diamkan terlalu lama
karena pastinya akan berdampak pada prestasi perusahaan kedepannya.
CARA
MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA KARYAWAN
1.
Tawarkan kenaikan gaji
2. Jangan
mengekang mereka
3.
Berikan kebebasan berkreasi, tapi awasi
4.
Buatlah suasana kantor jadi menyenangkan
5. Adakan
acara bersama karyawan
Nah sebagai pemimpin
perusahaan sudah menjadi tugas anda lah untuk mencari jalan keluar dari
permasalahan ini. Untuk segala macam jenis permasalahan perusahaan pasti kita
bisa menemukan jalan keluarnya dengan hanya menggunakan logika. Tapi untuk yang
satu ini saya kira anda harus peka agar bisa mendapatkan solusinya. Bukan hanya
itu anda juga jangan malu meminta saran kepada karyawan anda. Lebih jelasnya
silahkan simak ulasan berikut.
BACA JUGA : CARA MENERAPKAN KEJUJURAN PADA KARYAWAN
CARA
MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA KARYAWAN
1.
Tawarkan kenaikan gaji
Bagi beberapa pimpinan ini adalah hal yang berat apalagi jika perusahaan sedang
dalam kesulitan. Akan tetapi ada beberapa jenis pemimpin yang tidak keberatan
menaikkan gaji karyawan bahkan cenderung sanga bermurah hati kepada
karyawannya. Menaikkan gaji karyawan sebenarnya perlu tidak perlu dilakukan.
Karena itu tergantung dari karyawannya apakah dia layak untuk mendapatkannya
atau tidak. Jika memang anda ingin menaikkan gajinya sebaiknya anda harus
teliti dulu hal berarti apa yang sudah dia lakukan untuk perusahaan anda, apa
yang sudah dia korbankan untuk perusahaan anda dan bagaimana kinerja sehari -
harinya. Supaya anda tidak rugi dan mengetahui apakah dia memang pantas
mendapatkannya atau tidak.
2. Jangan
mengekang mereka
Mengawasi kerja karyawan boleh, memantau kerja karyawan boleh, tapi jangan
terlalu ketat dalam melakukannya. Karena jangan sampai anda terkesan mengekang
mereka sehingga kebebasan mereka pun terbatasi. Biarkan mereka bekerja dengan
kemampuan mereka masing - masing. Ingat bos yang baik akan memerintah
karyawannya tapi pemimpin yang baik akan memandu karyawannya. Biarkan karyawan
anda bekerja tapi awasi.
3.
Berikan kebebasan berkreasi, tapi awasi
Biarkan karyawan anda bebas bekerja sesuai dengan kemampuan mereka masing -
masing. Mungkin dengan cara itu kreatifitas dalam bekerja karyawan anda akan
keluar dan memberikan sesuatu yang baru dan segar untuk perusahaan anda. Maka
dari itu berikanlah mereka kebebasan dalam bekerja tapi tetap pantau mereka.
Jika ada hal yang melenceng dari batas kewajaran tanyakan apa yang dia lakukan
dan tujuannya apa. Jika alasan dan tujuannya tidak jelas hentikan tapi jika
alasan dan tujuannya masuk akal biarkan dia melanjutkannya sambil terus
mengawasinya.
4.
Buatlah suasana kantor jadi menyenangkan
Kalau yang satu ini saya kira anda tidak bisa melakukannya seorang diri. Sebisa
mungkin mintalah saran kepada karyawan anda untuk membuat suasana kantor
menjadi menyenangkan. Ini berfungsi agar karyawan - karyawan anda tidak jenuh
dan semangatnya pun akan kembali dalam bekerja. Suasana yang baru tentunya akan
merubah suasana hati karyawan anda. Lakukanlah dekorasi, berikanlah konsep, dan
terapkan kebiasaan - kebiasaan baru kepada karyawan anda agar mereka bisa
semangat lagi dalam bekerja.
BACA JUGA : CARA MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT
5. Adakan
acara bersama karyawan
Inilah sebenarnya yang paling penting jika anda ingin mambangun semangat kerja
dalam diri karyawan anda. Pemimpin yang baik pastinya tidak segan untuk berbaur
dengan karyawannya. Maka dari itu dekatilah karyawan anda salah satu caranya ya
buatlah acara. Undang semua karyawan anda tanpa terkecuali. Dan jika dalam
acara tanyakan apa uneg - unegnya dalam bekerja biasanya dengan suasana seperti
ini karyawan anda akan lebih mengeluarkan uneg - unegnya daripada anda
menanyakan langsung secara face to face.
Yang paling penting sih gaji..
ReplyDeletesepertinya gak demikian diterapkan di perusahaan2....
ReplyDeletenice artikel, suatu saat pasti berguna bgt
ReplyDeleteKalau Seperti itu mah saya juga bakalan betah kerjanya
ReplyDeletebisa buat referensi disaat males kerja nih gan
ReplyDeleteGaji penting, tapi kadang dilema saat minta naik. Perlu pemikiran matang jangan sampai salah langkah.hihi
ReplyDeleteGaji naik kerja semangat ahahah
ReplyDeleteBoleh juga nich tipsnya... siapa tau suatu saat ane jadi direktur... hehehehe
ReplyDeletetips yang sangat istimewa..
ReplyDeletewah sip gan, siapa tau besok bisa jadi bos
ReplyDeleteNice tips gan,pekerja yang bauk diawali dengan pemimpin yg baik juga
ReplyDeleteketika karyawan jadi semangat,pasti hasil kerjanya pun memuaskan....
ReplyDeleteNice info
ReplyDeletekalau ada kenaikan gaji pasti semangat :D
ReplyDeletemakasi gan. next time bisa diterapkan kalau buka usaha
Ya memenag harus begitu gan guna untuk lebih baik dan bisa saling shering
ReplyDeletejangan jadi boss yang egois gan,karena bikin karyawan ga semangat
ReplyDeletekenaikan gaji yang buat karyawan semangat :D
ReplyDeleteKerennn infonyaa, bisa di praktekin ni :D hehe
ReplyDeletewah kalau ada tempat kerja kaya begitu... ane juga mau gan.. :D
ReplyDeletebermanfaat gan, kalau dah kerja bisa dipake nih :)
ReplyDeleteAyah ane naikin gaji karyawannya tapi karyawan ayah ane makin ngelunjak, gimana nih gan ?
ReplyDeletePasti Semangat Kalo Gaji Di Naikan Gan :D , Artikel Nya Bermanfaat Gan :D
ReplyDeletemantap bro ane jga mu kerja kaya gtu...
ReplyDeletemantap gan :)
ReplyDeleteterkadang kita malas.2n untuk bekerja,,ini hal yang bagus untuk dicoba...
ReplyDeleteby dedi mitsubishi
mantap gan infonya
ReplyDeletemenurut ane sih suasana kebersamaan yang enak itu, banyak gaji juga kalo hidup mototon gak juga #tabun
ReplyDeletePemimpin tak boleh mengekang bawahan. Kalau sampai terjadi hal ini maka akan sangat berat mengatasi gap diantara keduanya
ReplyDeleteabis baca artikel ini jdi smngat deh krjanya,nice sob
ReplyDeletekeren nih artikelnya gan, makasih udah mau berbagi :)
ReplyDeleteAne setuju banget Gan sama artikel Ente. Haha :D Coba Kalau Perusahaan semua kayak gitu.
ReplyDelete