Dalam suatu usaha pastinya kita tidak bisa lepas dari yang namanya penjualan
dan penghasilan. Setiap barang atau produk yang kita jual pastinya akan
mendatangkan penghasilan (Kalau laku). Sebagai wirausahawan yang baik pastinya
kita akan berusaha agar bisnis kita terus berjalan, nah salah satu caranya
adalah dengan memanage penghasilan dari penjualan tersebut.
BACA JUGA : CARA TERBAIK MEMECAT KARYAWAN
Terkadang ada
sebagian pebisnis diluar sana yang gelagapan ketika mengetahuiusahanya laku
keras dan diapun mendapatkan penghasilan yang sangat besar. Gelagapan dalan
artian dua tidak bisa mengontrol diri dan tidak sadar kalau semua penghasilan
telah habis di belanjakan. Maka dari itu untuk anda yang sering mengalami
peristiwa di atas ada baiknya anda membaca ulasan berikut.
CARA
MEMANAGE PENGHASILAN
1.
Hitunglah untung rugi dari hasil penjualan
Saya kira hal ini pasti akan kita lakukan ketika sudah mendapatkan penghasilan.
Perhitungan untung rugi dari hasil penjualan memang harus kita lakukan sebagai
bahan pertimbangan apakah bisnis yang kita rintis itu bisa di lanjutkan atau
tidak. Jika ternyata keuntungan lebih banyak dibandingkan kerugian mungkin saja
bisnis anda memang memiliki prospek keuntungan yang bagus. Tapi jika kebanyakan
kerugian saya sarankan ada baiknya bila anda mempertimbankan untuk meninggalkan
bisnis anda tersebut sebelum anda mengalami rugi yang terlalu banyak.
2.
Buatlah diagram penghasilan
Nah kalau ini memang harus anda lakukan untuk mengetahui sejauh mana
perkembangan bisnis anda. Dengan membuat diagram maka setiap perkembangan yang
terjadi pada bisnis anda akan tercatat secara detail sehingga anda pun bisa
menganalisa dengan cermat apakah memang bisnis anda ini bisa dilanjutkan atau
tidak
3.
Pisahkan modal usaha, gaji karyawan dan keuntungan pribadi
Untuk yang satu ini saya sarankan kalau anda melakukannya pertama kali saat
sedang mendapatkan penghasilan. Dengan memisahkan modal usaha anda bisa
mengetahui apakah penghasilan anda sudah balik modal atau tidak, apakah anda
untung atau rugi dll. Nah jika anda sudah memisahkan modal usaha, berikutnya
pisahkanlah gaji karyawan anda. Ingatlah kalau tanpa karyawan anda mungkin
tidak sanggup menjalankan bisnis anda seorang diri. Pisahkan gaji untuk mereka
berikan bonus bila mereka berhak dan potong gajinya jika mereka kerja asal -
asalan. Nah yang terakhir jika anda sudah melakukan kedua hal tersebut anda
akan menemukan keuntungan pribadi yang anda miliki. Mungkin tidak banyak tapi
setidaknya itu bersih milik anda dan itu halal.
4. Lunasi
utang (Kalau ada)
Naah ini juga yang penting untuk diperhatikan. Jika anda membangun usaha anda
menggunakan modal orang lain atau meminjam modal orang lain saya sarankan kalau
sebaiknya anda melunasi utang anda dulu. Karena jangan sampai anda menunda -
nunda sehingga membuat sang pemilik modal marah lalu menyewa debt kolektor
untuk menagih langsung kepada anda. Saya tekankan ditagih utang itu tidak enak.
BACA JUGA : CARA MELIHAT PELUANG SUATU WIRAUSAHA
5.
Siapkan dana tak terduga
Jika anda memiliki keuntungan yang banyak dan anda sudah membaginya dengan
modal, utang dan gaji karyan serta keuntungan pribadi tapi masih memiliki sisa
nah ada baiknya jika sisa itu anda gunakan sebagai dana tak terduga. Karena
dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha kita tidak pernah tau pasti apa yang
akan terjadi. Dan bagaimana persiapan kita untuk menghadapinya. Maka dari itu
persiapkanlah diri anda dengan dana tak terduga tersebut agar keuntungan
pribadi anda tidak terlalu banyak terganggu.
sip gan, thanks atas infonya. Bisa dipraktekan langsung nih
ReplyDeletetips yang sangat bermanfaat sekali. artikelnya pokonya top lah hehe
ReplyDeleteTips ini sangat berguna dalam mengelola keuangan yang lebih baik lagi. Namun ini semua kembali lagi kepada keadaan keuangan masing-masing. Semuanya bisa disesuaikan berdasarkan penghasilan dan kemampuan yang ada.
ReplyDeleteFungsi Dana tak terduga buat apa mas?
ReplyDeleteBermanfaat banget ni gan, ane mau ksh tau sma tmn ane biar dia bsa mengelola keuangannya...
ReplyDeletehmm.. kbetulan saya orangnya boros.. mungkin cara diatas bisa jadi solusi supaya lebih hemat lagi.. :)
ReplyDeletesepertinya aplikasi untuk memanage uang kita sudahh ada di play store coba di cek soalnya saya pernah baca tapi lupa namanya apa, kali aja lebih efektif
ReplyDeleteInfo keren mas, cocok bagi saya yg mau mulai buka usaha
ReplyDeleteManage penghasilan memang sangat diperlukan karena kalau salah perhitungan maka malah besar pasak dari pada tiang
ReplyDeletebermanfaat nih, cocok buat temen ane yg baru kerja eheh
ReplyDeletedana tak terduga penting nih... bermanfaat bos infonya
ReplyDeletethanks infonya bos
ReplyDeletemakasih tipsnya sob :)
ReplyDeletewah bagus nih gan
ReplyDeletewah bagus nih gan
ReplyDeletePoint no: 4 yang paling susah dituntaskan Gan hikz, Nice info deh gan makasih
ReplyDeleteNice post.
ReplyDelete