Dalam dunia kerja kedisiplinan itu penting, tidak peduli apapun posisi anda kedisiplinan harus tetap anda terapkan. Akan tetapi setiap perusahaan pasti memiliki karyawan, namun perlu anda ketahui kalau karyawan juga manusia. Pasti akan ada saat dimana dia tidak disiplin dalam bekerja. Ingat karyawan itu manusia bukan robot. Tugas kita sebagai pemimpin iyalah meminimalisir ketidak disiplinan tersebut. Jangan di diamkan terlalu lama karena pastinya akan memberikan dampak buruk bagi perusahaan kedepannya. Maka dari itu bagi anda yang memiliki masalah mengenai penerapan kedisiplinan untuk karyawan anda, ada baiknya jika anda menyimak ulasan berikut.
BACA JUGA : CARA MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA KARYAWAN
CARA
MENERAPKAN KEDISIPLINAN KEPADA KARYAWAN
1.
Buatkan peraturan
Buatkanlah peraturan dalam perusahaan anda. Karena adanya peraturan menandakan
kalau perusahaan anda itu bukan perusahaan sembarangan. Peraturan bisa menjadi
dasar suatu perusahaan, peraturan juga bisa menjadi tiang suatu perusahaan.
Dengan menerapkan peraturan maka karyawan anda pun mengerti apa saja yang
mereka bisa lakukan dan apa yang tidak boleh mereka lakukan. Akan tetapi jika
anda sudah membuatnya jangan lupa untuk mengawasi penerapannya, karena stigma
negatif dalam pikiran masing - masing individu yang berbunyi "Peraturan
dibuat untuk dilanggar", itu sulit untuk di hilangkan.
2.
Terapkan hukuman
Terapkanlah hukuman bagi para pelanggar aturan. Sesuaikan juga jenis hukuman
dengan aturan yang telah dia langgar. Jangan berlebihan dalam penerapan hukuman
tapi jangan juga terlalu lembek. Penerapan hukuman yang berlebihan akan
menimbulkan efek seram dan menakutkan ke karyawan lain, sedangkan hukuman yang
terlalu lembek akan memberikan anggapan kalau anda adalah pemimpin dengan jiwa berbie,
tidak tegas dan tidak punya nyali.
3.
Berikan penghargaan
Berikan penghargaan kepada karyawan yang patuh terhadap aturan dan disiplin
dalam bekerja . Berikan penghargaan yang setinggi - tingginya sehingga karyawan
lain menganggap kalau anda adalah sosok yang sangat menghargai, sehingga mereka
akan menjadikannya contoh yang baik dalam bekerja. Jangan ragu dan jangan
sungkan untuk melakukannya. Jika karyawan anda senang terhadap anda toh yang di
untungkan juga anda ya kan ?.
4.
Berikan contoh
Berikan contoh kedisiplinan yang baik dan benar kepada karyawan anda seperti
datang lebih awal dibanding karyawan lain. Bekerja lebih disiplin dari karyawan
lain dll. JAdikanlah diri anda contoh kepada karyawan anda karena karyawan itu ibarat
seorang anak yang pandai meniru. Jika Pimpinannya saja tidak becus kerja maka
apalagi karyawannya. Jika Pimpinannya saja tidak disiplin orangnya maka apalagi
karyawannya.
BACA JUGA : CARA MENERAPKAN KEJUJURAN PADA KARYAWAN
5. Jangan
memilih - milih
Jika ada karyawan yang tidak disiplin dalam bekerja, berikanlah hukuman.
Walaupun karyawan itu adalah kerabat anda sendiri. Janganlah pernah memilih -
milih dalam penerapan kedisiplinan dalam perusahaan. Perusahaan itu ibarat
sebuah mesin dan karyawan adalah gear - gear yang mengisi di dalamnya. Jika
hampir semua gear telah berjalan bagus dan ada satu gear yang bekerja tidak
becus dan disiplin apakah mesin itu akan beroperasi ?, tidak kan. Maka dari itu
tegaslah dalam menerapkan hukuman. Jangan memilih - milih karyawan. Anda pasti
tidak menginginkan mesin anda tidak beroperasi lebih buruk lagi ya kan.
ide bagus, ada nich gan karyawan ane, tapi bingungnya dia masi sudara gimana ya ???
ReplyDeleteSalam Cinta dan Romansa
Lukman
tips bagus nih, bisa saya coba buat temen temen sya dikelas biar disiplin :D
ReplyDeletebagus nih idenya agar para karyawan tidak malas saat bekerja
ReplyDeleteSatu lagi, jangan bedakan kalau dia keluarga
ReplyDeletenah ini buat bekal masa depan HIHIHI
ReplyDeleteSebenarnya bagi orang yang dewasa harus ada kesadaran dalam dirinya sendiri, artikeli ni bagus untuk dijadikan inspirasi tambahan.Saya suka bagian memberi sugestinya :)
ReplyDeletekeren nih jabi bisa tambah wawasan
ReplyDeletehampir sama dengan yang saya lakukan ketika sekolah dan bergulat dalam organisasi. nice gan
ReplyDeleteSegala sesuatu memang harus ada aturan, namun jangan sampai aturan itu menjadi sebuah tembok besar yg memisahkan antara atasan dan bawahan
ReplyDeleteMakasih loh gan tapi pikiran orang tentang peraturan untuk di langgar sih memang ganggu
ReplyDeleteCara-caranya boleh diterapin kepada orang yang gak disiplin. Thanks gan
ReplyDeleteSusah lagi kalo karyawannya orang deket kita (misal sodara sendiri), bakal susah ngedisiplininnya
ReplyDeleteKeren nih cara2nya keknya ampuh
ReplyDeletekeren nih gan
ReplyDeleteUntuk dapat disiplin memang sulit, terbukti hanya sebagian kecil yang mampu memegang teguh disiplin. Sebagian besar dari manusia mudah tergiur dengan kesenangan sementara dan mengabaikan kedisiplinan yang terbukti membawa kemenangan. dengan adanya artikel ini mudah - mudahan menjadi manfaat bagi kariawan di indonesi maupun mancanegara.
ReplyDeleteLumayan Buat Bekal Masa Depan (y)
ReplyDeleteKedisiplinan Paling Utama
ReplyDeleteMemang begitu seharusnya memberlakukan seperti cara2 diatas. Semoga bermanfaat bagi orang2 diseluruh dunia
ReplyDelete