TERBARU
Loading...

CARA MENDIDIK ANAK DENGAN BAIK DAN BENAR

CARA MENDIDIK ANAK DENGAN BAIK DAN BENAR

            Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak mereka. Termasuk dalam hal pendidikan. Sebenarnya untuk mendidik anak itu tidak sulit dan juga tidak perlu mahal. Karena sebagai orang tua seharusnya kitalah yang paling berperan penting untuk memberikan pendidikan pertama kepada anak.

            Akan tetapi kadang ada beberapa orang tua tidak mau repot dan memilih memasukkan anak mereka kedalam sekolah umum ataupun pesantren. Padahal pendidikan yang diberikan langsung oleh orang tua adalah ilmu yang terbaik untuk seorang anak. Maka dari itu untuk tau lebih lanjut silahkan simak ulasan berikut.

CARA MENDIDIK ANAK DENGAN BAIK DAN BENAR

1. Ajarkan dia untuk tidak berbohong

            Sejak dini sebaiknya anda harus mendidik anak anda untuk tidak berbohong ataupun menjauhi yang namanya kebohongan. Itu semua agar dia bisa tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan selalu terbuka terhadap segala hal. Percayalah bahwa makin hari kejjujuran makin mahal dan langka. Walaupun diluar sana banyak orang pintar tapi yang pintar belum tentu jujur. Maka dari itu ajarlah anak anda tentang pentingnya kejujuran.

2. Jangan Menuruti semua keinginan anak

            Ini juga merupakan salah satu cara yang harus anda lakukan. Jangan pernah mengikuti semua kemauan anak. Karena jika itu terus menerus anda lakukan maka yakin dan percaya anda hanya akan mendidik anak anda menjadi pribadi yang malas serta manja, sedangkan dizaman yang keras seperti sekarang sifat yang seperti ini pasti tidak akan bertahan lama dalam kehidupan.

            Namun jika memang anda harus melakukannya lakukan lah dengan cara cerdas, sampaikan kepada anak jika dia ingin melakukan sesuatu dia harus bisa menggapai sebuah pencapaian terlebih dahulu dengan begitu anak akan termotivasi dan akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki jiwa kompetitif.

3.  Berikan hukuman (Jika Perlu)

            Pemberian hukuman memang bukan pilihan menarik untuk mendidik anak tapi tidak ada salahnya jika dilakukan. Hukuman yang dimaksudkan disini adalah bukan hukuman yang keras sehingga membuat anak kita trauma tidak. Hukuman yang dimaksud adalah hukuman yang harus dia terima jika dia melakukan kesalahan dengan tujuan pemberian hukuman itu berfungsi sebagai pemberi pelajaran kehidupan.

4. Beri Tauladan yang baik untuknya

            Sebagai Orang tua kita tidak boleh hanya mendidik anak sesuka kita. Kita juga harus memberikan tauladan yang baik untuknya, karena dengan begitu sang anak pasti akan merasa mempunyai panutan untuk menjadi seperti apa dan harus bertingkah mencontohi siapa.

5. Ajarkan Kemandirian dan tanggung jawab sejak dini


            Tanggung jawab dan Kemandirian adalah hal yang harus diajarkan kepada anak yang tidak boleh kita lewatkan sebagai orang tua. Karena kedua hal tersebut adalah sifat dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang jika dia ingin disegani dalam kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu ada baiknya jika anda mengajarkan hal ini agar nantinya anak anda pun tumbuh menjadi pribadi yang mudah diterima dalam masyarakat. 

0 komentar:

Post a Comment