TERBARU
Loading...

CARA MENGANALISA TINDAK TANDUK MENCURIGAKAN ANAK

CARA MENGANALISA TINDAK TANDUK MENCURIGAKAN ANAK

            Sebagai seorang orang tua kita selalu dituntut untuk selalu memperhatikan ataupun menjaga anak. Termasuk dalam hal menganalisa tindak tanduk mencurigakan anak. Sebagai orang tua memang kita harus selalu waspada karena pergaulan bebas diluar sana belum tentu menawarkan hal positif kepada anak kita.

            Maka dari itu jika anda melihat ada sesuatu yang mencurigakan dari anak anda dan anda tidak tau harus berbuat apa. Silahkan simak ulasan berikut.

CARA MEENGANALISA TINDAK TANDUK MENCURIGAKAN ANAK

1. Perhatikan jika dia tidak jujur

            Kejujuran adalah salah satu hal yang penting. Sewajarnya seorang anak memang harus jujur kepada orang tua terhadap hampir semua hal. Karena orang tua yang baik pasti mengajarkan kepada anaknya tentang apa itu kejujuran.

            Akan tetapi jika anda melihat anak anda jika anda bertanya namun dia celingak celinguk cari alasan ataupun lama menjawab pertanyaan anda, bisa dibilang kalau anak anda mungkin tidak jujur menjawab dan karena itu anda patut curiga.

2. Tanyakan jika anda melihat ada yang salah terhadap anak

            Jika anda melihat ada yang salah terhadap anak anda, tanyakanlah hal itu kepadanya jangan main ambil kesimpulan sendiri. Orang tua yang baik adalah orang tua yang selalu ada untuk anak kapan pun sang anak butuh. Namun jika sang anak tidak butuh lalu orang tua hadir dedakatnya itu juga perlu supaya kita lebih mengenal kepribadian sang anak. Maka dari itu tanyakan dulu jangan ambil kesimpulan sendiri.

3. Jangan asal Judge tapi selidiki dulu secara mendalam

            Ini merupakan hal yang penting, atau mungkin sangat penting. Jangan Asal Judge tapi selidiki dulu lebih mendalam. Karena jika anda asal Judge dan dugaan anda salah bisa jadi anda akan membuat hati anak anda akan terluka dan diapun menjadi tersinggung alhasil hubungan antara orang tua dan anak pun bisa jadi merenggang.

4. Ajak bicara anak

            Orang tua adalah orang terdekat anak. Karena pada saat lahir dan menghirup udara di bumi orang tualah yang selalu ada untuknya. Maka dari itu jika anda mempunyai kesempatan maka luangkanlah waktu kosong untuk sekedar menyapa ataupun berbicara santai dengan anak. Tanyakanlah kesibukannya, apa yang telah dialakukan selama ini di dunia luar. Tidak ada salahnya anda melakukan hal itu. Namun jika anda melakukan hal demikian dan dia tiba - tiba marah nah mungkin sudah memang waktunya bagi anda untuk curiga.

5. Periksa barang - barang pribadinya


            Ini juga merupakan hal yang penting. Jika anda merasa bahwa anak anda makin tertutup dengan keluarga dan memiliki tingkah yang sangat aneh, Periksalah barang pribadinya. Hamburlah kamarnya dan periksa isi ponselnya bisa jadi ada sesuatu yang sedang dia sembunyikan dan dia tidak ingin anda orang tuanya mengetahuinya. Periksalah barang - barang pribadinya karena anda memang berhak melakukannya demi keselamatan anak anda. 

12 comments: Leave Your Comments

  1. dari kecil, sebaiknya anak ditanamkan untuk mandiri dan berani terhadap orang asing

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget gan hehe

      terima kasih ya sudah berkunjung :)

      Delete
  2. kalo menurut ane yang nomer 5 perlu ga perlu gan, soalnya setiap orang itu punya barang privasi yang mungkin tidak boleh siapapun tau, tapi ya thanks nih infornya keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane sih penting gan dan sepertinya itu yang harus dilakukan kalau keadaan sudah makin parah hehe

      terima kasih ya sudah berkunjung :)

      Delete
  3. gitu ya caranya,, tapi untuk yang no 5 kayaknya agak susah kalo kita tidak dekat dengan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaupun tidak dekat tapi tetap harus dilakukan gan hehe

      terima kasih ya sudah berkunjung :)

      Delete
  4. wah ane bakalan jadi orang tua yang baik nih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap gan hehehe

      terima kasih ya sudah berkunjung :)

      Delete
  5. sangat penting banget yang namanya interaksi dengan keluarga, terkadang si anak juga gag berani ngungkapin kalo ada masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendekatan gan. Itu intinya hehe

      terima kasih ya sudah berkunjung :)

      Delete
  6. Betul tu di no 5 memang seorng anak boleh sebetulnya mempunyai barang pribadi yg dirahasiakan oleh si anak tersebut tapi jangan terlalu segan memeriksanya karena suatu saat nnti ketika si anak mempunyai sesuatu yg berbahaya dan apa yg ingin di buka oleh si ortu nya maka si anak tersebut akan menjadi mempunyai banyak cara yg berbahaya ke si ortu utk menyembunyiin sesuatu... Thanks infox mendidik banget bro (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaaaaaap hehe

      terima kasih ya sudah berkunjung :)

      Delete