TERBARU
Loading...

CARA MENYIAPKAN MATERI SEBELUM TAMPIL DI DEPAN UMUM

CARA MENYIAPKAN MATERI SEBELUM TAMPIL DI DEPAN UMUM


            Setiap dari kita yang berprofesi sebagai pembicara didepan umum pasti sering mengalami hal ini. Menyiapkan materi kali ini lebih saya maksudkan kepada mempermantap materi. Mempermantap materi sebenarnya adalah hal yang harus kita lakukan untuk bisa menyempurnakan penampilan kita. Akan tetapi kebanyakan orang diluar sana lebih meremehkan hal ini karena menganggap dirinya bisa dan sudah ahli. Padahal sebenarnya inilah inti dari kita menyiapkan materi. Berikut ini adalah cara yang sering saya gunakan untuk menyiapkan materi sebelum tampil didepan umum.

CARA MENYIAPKAN MATERI SEBELUM TAMPIL DI DEPAN UMUM

1. Tulis Ulang

            Walaupun ini terkesan tidak penting dan sia - sia tetapi cara ini dapat menguji betapa anda menguasai materi anda. Dengan Cara menulis ulang anda akan seolah - olah memindahkan cara, gaya, serta emosi dalam materi anda kebentuk tulisan. Sehingga jika dibaca berulang - ulang anda akan merasa bahwa tulisan itu seperti hidup dalam pikiran anda dan memberikan bayangan tentang materi anda sehingga apapun yang ingin anda lakukan diatas panggung akan makin jelas.  

2. Pahami

            Pahami materi anda seperti anda memahami diri anda. Dengan cara memahami materi anda telah merekam kata kunci dari setiap bait materi anda dan mungkin saja anda tidak akan perlu susah - susah menghapal materi anda secara keseluruhan.

3. Yakini

            Inilah yang sering menimpa orang - orang kebanyakan. Kurang meyakini materi sendiri dapat membuat kita menjadi ragu dan kemudian tidak percaya diri diatas panggung. Sebenarnya yang terpenting dalam suatu penampilan adalah pembawaan materinya. Sebagus apapun materi yang anda miliki jika cara pembawaan anda jelek maka akan menjadi jelek juga. Maka dari itu yakinilah materi anda bahwa itu adalah materi bagus. Jangan sampai ketidak yakinan hati dapat membuat penampilan anda diatas panggung hancur.

4. Berani

            Tidak meyakini materi biasanya berampak ke keberanian hati. Berani juga diperlukan untuk bisa tampil didepan umum, dan salah satu cara untuk melakukannya anda harus yakin terhadap materi anda, barulah sedikit demi sedikit keberanian anda akan terkumpul.

5. Membaca Doa


            Doa adalah senjata terbaik untuk segala hal. hanya dengan membaca bismillah insyallah segalahal yang ingin ataupun akan anda lakukan akan memberikan berkah. Allah akan selalu ada untuk kita yang dekat padanya, insyallah dengan menyebut namanya sebelum kita tampil bisa memberikan kita kepercayaan diri lebih sehingga kita tidak akan grogi ataupun mengalami hal - hal buruk lainnya. 

30 comments: Leave Your Comments

  1. + Percaya Diri.... :)
    tapi ke-5 tutor itu dh lumayan lh...
    thanks :)

    ReplyDelete
  2. bagus tuh gan cara-caranya. tetapi masalah saya di nomor 4 nih gan. thanks yah gan udah berbagi

    ReplyDelete
  3. wah... cocok dengan sya nih! thanks ya infonya

    ReplyDelete
  4. makasih gan triknya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. bener sekali gan, ini adalah kunci ane lulus sidang project work di sekolah dengan nilai tertinggi maaf ya bukan nya mau sombong

    ReplyDelete
  6. Harus percaya diri gan :D Selama itu Baik

    ReplyDelete
  7. Ya, benar tuh gan kita harus berani sebelum tampil di depan umum :D

    ReplyDelete
  8. ane mah masih sekaarang kurang berani tampil di depan org dan ngomong sesuatu

    ReplyDelete
  9. wahh mantap, berguna nih info nya :)

    ReplyDelete
  10. Menurut saya mah gak perlu tulis ulang.. Yang penting paham materinya..

    ReplyDelete
  11. Thanks info nya gan..bermanfaat banget buat saya

    ReplyDelete
  12. thanks banget tipsnya bro.kebetulan ane mau presentasi juga nih

    ReplyDelete
  13. Wah bisa di coba nih kalo ada persentasi, makasih gan

    ReplyDelete
  14. wah sip biar gak grogi saat tampil..tks bro

    ReplyDelete
  15. Tips buat yang sering grogi juga dong, sama yang belibet kalo ngomong, ane banget soalnya

    ReplyDelete
  16. PD sama berdoa kunci sukses nya kalo sudah diatas panggung

    ReplyDelete
  17. wkwkwk biasanya dibalik panggung saya hafal semua, setelah sampai diatas panggung memori saya keformat (walaupun enggak semuanya)

    ReplyDelete
  18. bang ad ilmu g,yg bs ngilangin gugup saat berpidato..

    by dedi mekanikmitsubishi

    ReplyDelete
  19. Waahh ane sih sering gugupan Gan...tapi semoga setelah membaca artikel Agan ane jadi bisa lebih PD Gan :D

    ReplyDelete
  20. wahhh, mantap gan, sangat bermanfaat bagi yang kurang percaya diri

    ReplyDelete
  21. Mantap gan artikelnya. untuk tips cara agar tidak minder bisa berkunjung diblog saya :)

    ReplyDelete
  22. Biasanya sih kalo udah siap malah lupa baca doa gan hehe.. nice info gan thx

    ReplyDelete