TERBARU
Loading...

CARA MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

CARA MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

            Dalam dunia wirausaha tidak ada yang instan, semuanya perlu kita kerjakan dari awal dengan teliti. Termasuk dalam hal memilih karyawan. Sebenarnya peran karyawan dalam suatu usaha itu tergolong vital, karena itu ibarat perpanjangan tangan atau tenaga ekstra untuk kita. Jika usaha kita makin besar dan pesanan pun terus meningkat disitulah karyawan berperan. Akan tetapi untuk mempekerjakan karyawan juga tidak boleh sembarangan, karena jangan sampai karyawan yang anda rekrut malah menjadi biang kebangkrutan anda. Maka dari itu bagi anda seorang wirausahawan dan anda sedang mencari karyawan ada baiknya jika anda membaca ulasan berikut untuk menambah referensi.


CARA MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

1. Perhatikan penampilan

            Saya kira ini adalah hal yang umum dan memang harus kita lakukan. Setiap dari kita pasti akan menilai seseorang pertama kali dari penampilannya. Jika penampilannya bagus dan rapih maka anggapannya pasti orang itu baik namun jika penampilannya berantakan dan tidak terurus mungkin saja orang itu adalah orang jahat. Namun untuk mendapatkan karyawan ada baiknya jika anda melakukan ini secara teliti. Kalau bisa anda sudah harus memahami kepribadian calon karyawan anda secara mendalam walau hanya melihat penampilannya. Lakukan dengan cermat karena jangan sampai anda salah memilih karyawan.

2. Perhatikan latar belakang

            Jika anda sudah memperhatikan penampilannya langkah kedua adalah perhatikanlah latar belakangnya. Mulai lah menanya - nanya kepada bakal calon karyawan anda, mulai dari kehidupannya, dimana dia tinggal, keadaan keluarga dll. Dengan cara ini anda akan mengetahui apakah dia serius mau bekerja di usaha anda kenapa dia mau bekerja pada anda dan jumlah gaji yang akan anda berikan kepadanya. PEerhatikan jika dia berbohong atau sedang menipu anda, anda bisa memperhatikan hal tersebut dari mata dan gerakan tubuhnya. Mulut boleh berdusta tapi tubuh pasti akan mengungkapkan yang sebenarnya.  

3. Perhatikan cara bicaranya

            Nah ini yaang saya maksud  di no 2 tadi. Kebohongan seseorang akan kelihatan dari bahasa tubuh yang keluar. Mau itu dengan tingkah yang aneh ataupun dengan cara bicara yang gagap dan terbata - bata. Sebaiknya sebelum anda melakukan ini ada baiknya jika anda menguasai ilmu psikologi terlebih dahulu atau segala macam ilmu tentang mengetahui kepribadian seseorang.

4. Amati sifat dan kebiasaannya

            Jika anda memang sudah melakukan semua tahap - tahap sebelumnya dan menyimpulkan kalau orang itu layak bekerja kepada anda, ada baiknya jika anda tidak langsung mengangkatnya menjadi karyawan tetap. Tetapi berikanlah masa cobaan sebanyak 3 bulan. Nah di masa ini anda sebaiknya amati baik - baik sifat dan kebiasaannya. Jangan sampai baru bekerja selama 2 minggu sifat asli orang itu keluar dan ternyata sifatnya sangat tidak cocok dengan usaha anda. Jika hal itu anda diamkan terlalu lama maka yakin dan percaya akan berdampak sangat buruk kepada usaha anda. Namun jika dalam masa percobaan dan anda melihat sesuatu yang salah dari karyawan baru anda, anda akan dengan mudah memutuskan kontraknya. Jika dia bertanya kenapa di berhentikan, anda tinggal bilang saja kalau dia tidak lulus di masa percobaan.


5. Rasakan auranya


            Setiap orang memiliki auranya tersendiri. Jika orang itu baik maka auranya juga pasti nyaman, tapi jika aura orang itu jahat maka ada saja faktor yang membuat kita tidak nyaman terus bersama dengannya. Kalau yang satu ini saya kurang tau cara memperaktekkannya bagaimana karena setiap orang memiliki caranya masing - masing dan itu datangnya natural.  


13 comments: Leave Your Comments

  1. jangan lupa tes kemampuanya , sekarang kalau cuma omongan sama penampilan bisa nipu

    ReplyDelete
  2. Pas banget nih sama calon pengusaha

    ReplyDelete
  3. yang nomor 5 itu relatif bro
    susah untuk nyari taunya, apalagi jaman sekarang

    ReplyDelete
  4. Nomer 2 menurut saya itu akan memakan waktu yang lebih lama "Perhatikan Latar Belakang" udah sama saja mencakup semuanya, dari mama ia berasal, keseharian dll.

    Itu akan membuang waktu banget.

    Kebiasaan si pake psikolog, psikolog akan tau kepribadian dari mereka melakukan sesuatu, itu si menurut saya.

    ReplyDelete
  5. NNyinggung nomer 2 menurut saya itu akan memakan waktu yang lebih lama "Perhatikan Latar Belakang" udah sama saja mencakup semuanya, dari mama ia berasal, keseharian dll.

    Itu akan membuang waktu banget.

    Kebiasaan si pake psikolog, psikolog akan tau kepribadian dari mereka melakukan sesuatu, itu si menurut saya.

    ReplyDelete
  6. sayangnya calon karyawan seperti kriteria diatas sudah langka

    ReplyDelete
  7. buat kedepan nya bisa nih make cara dri agan :) kalo misal nyarinya partner online gimana ?

    ReplyDelete
  8. susah sekarang diterima kerja, perusahaan skrng hanya mementingkan bnyk skill calon karyawannya tanpa diimbangi dengan tawaran gaji yang layak...

    ReplyDelete
  9. mengamati sifat dan kebiasaannya itu sulit gan

    ReplyDelete
  10. Memilih dan merekrut calon karyawan untuk perusahaan kita memang susah-susah gampang. Jika kriterianya sedikit dan kualifikasinya rendah, ya gampang dapatnya. Kalau kriterianya agak banyak dan kualifikasinya tinggi, ya susah. Masing-masing perusahaan pasti punya kriteria sendiri-sendiri untuk merekrut calon karyawan.

    ReplyDelete