TERBARU
Loading...

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA KOTA PONOROGO

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA KOTA PONOROGO


            Sesuai dengan babat-bibit sejarah Ponorogo, kabupaten Ponorogo berdiri hingga wilayah Wengker. Ketika itu yang memimpin wilayah Wengker adalah Surya Ngalam yang lebih terkenal dengan sebutan Ki Ageng Kutu.  Menurut sejarah Ponorogo, dulunya Raden Katong memilih sebuah tempat memilih lokasi yang memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai pemukiman yaitu dusun Plampitan, Setono.

            Pada saat itu, setelah mengetahui kondisi dan situasi yang dipenuhi tantangan dan hambatan yang silih berganti, Ki Ageng Mirah, Selo Aji dan Raden katong beserta segenap pengikutnya melakukan upayanya untuk mendirikan sebuah pemukiman. Nah, sejarah Ponorogo pada tahun 1482-1486 Masehi, sedikit demi sedikit ragam kesulitan mulai teratasi melalui susunan kekuatan untuk mencapai tujuan tersebut. Pendekatan secara kekeluargaan pada Ki Ageng Kutu serta seluruh pendukungnya saat itu kian membuahkan hasil.

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA KOTA PONOROGO


1. Penetapan Hari Jadi Ponorogo


Setelah kesulitan mulai teratasi, akhirnya Bathoro Katong atau Raden Katong berhasil mendirikan Kadipaten Ponorogo denagn persiapan merintisnya yang didukung oleh semua pihak diahhir abad XV dan beliau sekaligus menjadi adipati yang pertama. Tercatat dalam sejarah Ponorogo bahwa Kadipaten Ponorogo berdiri pada 11 Agustus 1496 yang sekaligus ditetapkan sebagai hari jadi Ponorogo.

            Dengan ditetapkannya hari jadi Ponorogo tersebut maka hal ini sekaligus sebagai kajian yang mendalam terhadap bukti dasar penginggalan ragan benda purbakala yang berupa sepasang batu gilang yang berada didepan gapura 5 kompleks makam Raden Katong sekaligus yang juga mengacu dalam sebuah buku yaitu “ hand book og Oriental History”. Dalam sejarah Ponorogo, batu gilang tersebut tertulis candrasengkala memet yang berupa gambar pohon, gajah,burung garuda serta manusia bersemedi. Angka tahun yang ditunjukkan oleh candrasengkala memet tersebut adalah 1418 Saka atau yang dalam masehi adalah tahun 1946.

            Dari uraian sejarah Ponorogo diatas, ditemukan hari wisuda Raden Katong atau Bathoro Katong sebagai Adipati di Kadipaten Ponorogo pada Minggu Pon, 1 Besar 1418 Saka yang bertepatan dengan 11 Agustus 1496 Masehi/ 1 Dzulhijah 901 H. Sejak berdirinya Kadipaten Ponorogo yang dipimpin oleh Raden Katong, sistem tata pemerintahan menjadi kembali stabil dan ditahun 1837 Kadipaten Ponorogo berpindah ketengan kota dari posisi semulanya yaitu kota lama sampai saat ini.

2. Asal-Usul Nama Ponorogo


Asal-usul nama Ponorogo berasal dari musyarawarah bersama yang menghasilkan kesepakatan dari Raden Katong, Selo Aji, Joyodipo dan Kyai Mirah. Pada musyawarah tersebut kesepakatan yang dihasilkan adalah menamai daerah tersebut dengan nama Pramana Raga yang kini akhirnya nama tersebut berubah menjadi Ponorogo. Arti kata Pramana adalah daya kekuatan dan rahasia hidup, sedangkan raga berarti jasmani atau badan. Dari kedua makna tersebut dapat diartikah bahwa dibalik raga atau badan manusia tersimpan sebuah rahasia hidup dan daya kekuatan.



            Seperti itulah sejarah Ponorogo yang sangat melegenda yang hingga kini sejarah Ponorogo juga terkenal dan terus diabadikan. Dalam rangka melestarikannya nama-nama tokoh yang berperan dalam berdirinya Ponorogo ini kini menjadi sebuah nama sejumlah daerah, nama jalan dan nama beberapa bisnis maupun merk.


21 comments: Leave Your Comments

  1. Bagus juga arti dari ponorogo...

    ReplyDelete
  2. tnk gans atas informasinya jadi tau tetang ponorogo

    ReplyDelete
  3. makasih informasi nya tentang asal muasal ponorogo :) taunya sih cuma reog nya doang :D

    ReplyDelete
  4. Suka bingung bedain PONOROGO dengan PONEGORO :D

    ReplyDelete
  5. Jadi nambah pengetahuan tentang ponorogo :v

    ReplyDelete
  6. thanks gan infonya,

    ReplyDelete
  7. Nice tentang Ponorogo, Indonesia punya.

    ReplyDelete
  8. Thx... Pas banget buat tugas sejarah...

    ReplyDelete
  9. Ponorogo purnya sejarah yang indah, sebagai penerus bangsa kita wajib melestarikan #GoIndonesia

    ReplyDelete
  10. thanks, ane request sejarah kota jember dong ane ada tugas nih

    ReplyDelete
  11. yah nambah pengetahuan negeri sendiri nih keren banget infonya thanks

    ReplyDelete
  12. Ponorogo itu daerah yang terkenal dengan kesenian reognya, maju terus buat Ponorogo...

    ReplyDelete
  13. mantep gan .bermanfaat mengetahui sejarah nii

    ReplyDelete
  14. keren gan infonya, ane klo mudik sering tuh lewat ponoroogo hehe

    ReplyDelete
  15. Salam kenal, saya punya teman kuliah dari Ponorogo. Sering bawain oleh2 kalo pulang dari mudik :)

    ReplyDelete
  16. SAYA SANGART RESPEK SM KOTA PONOROGO...dngn reog nya

    by dedi mitsubishi

    ReplyDelete
  17. Makasih gan, saya jadi tau sejarahnya (y)

    ReplyDelete