TERBARU
Loading...

MENGENAL PENYAKIT TUBERCULOSIS (TBC) DAN CARA PENCEGAHANNYA

MENGENAL PENYAKIT TUBERCULOSIS (TBC) DAN CARA PENCEGAHANNYA

       Tuberculosis merupakan penyakit infeksi pernafasan yang disebabkan oleh bakteri Micobacterium tuberculosis yang merupakan bakteri yang tahan terhadap asam. Sebagian besar penyakit ini menyerang paru-paru namun dapat juga mengenai organ tubuh lain.

MENGENAL PENYAKIT TUBERCULOSIS (TBC) DAN CARA PENCEGAHANNYA 

          1. Penyebab

        Penyebab dari penyakit ini yaitu bakteri Micobacterium tuberculosis yang merupakan bakteri yang berbentuk batang dan bersifat anaerob ukurannya 4 mycron. Bakteri ini sangat suka dengan jaringan yang mengandung oksigen tinggi sehingga paru-parulah yang menjadi tempat prediksi dari penyakit ini. Selain itu bakteri ini terdiri dari lipid yang membuatnya tahan terhadap asam dan lebih tahan terhadap gangguan kimia dan fisik. Penularan Micobacterium tuberculosis melaui droplet yang kemudian dihirup oleh manusia dan menyebabkan infeksi.

          2. Cara penularan:

            Sumber penularan penyakit ini yaitu melalui penderita TBC aktif.  Saat penderita TBC aktif bersin atau batuk, penderita ini akan menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk percikan dahak yang disebut dengan droplet. Droplet tersebut mengandung kuman yang dapat bertahan di udara pada suhu kamar selama beberapa jam. Sehingga jika droplet tersebut terhirup ke dalam saluran pernafasan dapat menyebabkan orang tersebut terinfeksi.

            Kuman yang masuk kedalam tubuh manusia melalui saluran pernafasan dan akan menyebar  dari paru-paru ke bagian tubuh lainnya yaitu melalui sistem peredaran darah, sistem saluran limfe. Daya penularan dari seseorang penderita TBC aktif ditentukan oleh banyaknya kuman yang dikeluarkan oleh penderita. Makin tinggi derajat positif dari pemeriksaan dahak penderita maka makin tinggi tingkat penularannya. Namun jika pemeriksaan dahak penderita dinyatakan negatif maka dianggap tidak menular.

          3. Gejala

          Gejala utama dari penyakit ini yaitu batuk terus menerus dan berdahak selama tiga minggu atau lebih. Gejala lainnya dapat berupa sesak nafas dan nyeri dada, batuk yang bercampur darah, badan lemah, lemas, berat badan turun, nafsu makan berkurang, demam meriang yang berkepanjangan dan berkeringat di malam hari meskipun tidak beraktivitas.

          4. Pencegahan

a.      Menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat seperti:
-         Makanlah makanan yang bergizi
-         Olahraga yang secara teratur
-         Tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alcohol
-         Mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih
-         Mencuci peralatan makan menggunakan sabun dan air mengalir yang bersih.
-         Membuka jendela dan pintu setiap pagi supaya udara dan sinar matahari masuk. Sinar matahri langsung dapat mematikan kuman.

b.      Penderita TBC harus menutup mulutnya saat bersin dan batuk. Karena saat bersin atau batuk kuman akan ikut keluar melalui percikan dahak. Kuman yang keluar saat penderita TBC bicara sebanyak 0-200 kuman, saat batuk 0 – 3500 kuman dan saat bersin yaitu 4500-1.000.000 kuman.

c.      Tidak membuang dahak disembarang tempat.

          5. Komplikasi dari TBC

        Penyakit TBC  bila tidak segera ditangani dengan benar dapat menimbulkan komplikasi seperti:

-         Meningitis (Radang selaput otak)
-         Spondilitis (Peradangan pada ruas tulang belakang)
-         Pleuritis (Peradangan pada pleura yaitu lapisan tipis yang membungkus paru-paru)
-         Bronkopneumoni (Peradangan pada parenkim paru)
-         Atelektasi (Paru-paru yang mengkerut akibat penyumbatan dari saluran udara)

                                                                                             by Innah Hanur 

30 comments: Leave Your Comments

  1. wah trims gan informasi nya , hehe jadi kudu lebih hati2 jaga kesehatan

    ReplyDelete
  2. Wah, ini penyakit menular nih, warus waspada

    ReplyDelete
  3. Thx gan infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Pengobatan yang baik gmna gan yg alamin ?

    ReplyDelete
  5. Mesti pake masker kalo ketemu gini.

    ReplyDelete
  6. artikel yang bagus buat perokok ni gan

    ReplyDelete
  7. TBC juga bisa disembuhkan kok gan.. tapi dalam waktu yang lumayan lama :) konsultasi ke dokter juga 1-2minggu 1x .. ane dulu juga kena bakteri ini tp skrg udah sembuh.. agan2 harus jaga kesehatan nih.. klo kena mah lemes2 gan proses sembuhnya..

    ReplyDelete
  8. wah wah wah.. hati hati nih kalo ada yang bersin harus cepat menghindar agar terhindar dari penyebaran TBC, kita kan ga tau kalo orang yang bersin itu terkena TBC atau tidak.

    ReplyDelete
  9. weih,, bagus infonya gan. ane juga lagi nyari tugas bio. waktu yang pas

    ReplyDelete
  10. kalo ada yang udah kena penanganannya gimana tuh apa harus ke dokter ?

    ReplyDelete
  11. wah bisa ngatasin nya nih kalo kena penyakit TBC
    Makasi info nya

    ReplyDelete
  12. Pernah nih blajar penyakit ini pas SD, tp trims udh nginfetin lagi

    ReplyDelete
  13. ternyata tbc juga berbahaya kalau tidak ditangani dengan cepat. nice info gan

    ReplyDelete
  14. Makasih atas cara untuk mencegah penyakit ini gan, sangat sangat bermanfaat banget

    ReplyDelete
  15. Makasih gan informasinya sangat membatu sekali bagi saya!!

    ReplyDelete
  16. bahaya juga ya, mungkin sebaik nya penderita menggunakan masker agar lebih aman

    ReplyDelete
  17. ini adminnya seorang dokter ya kok postnya ttg penyakit2 terus ya. hehe
    tapi bermanfaat banget infonya kita jadi lebih tau cara mencegah dan mengatasi tbc.
    oh iya kak bisa minta folbacknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa iya mungkin gan makanya tentang share artikel penyakit hehehhe..

      Delete
  18. gan cara mengatasinya gima na gan biyar gak kena penyakit itu

    ReplyDelete
  19. perlu d waspadai nih, tq infony gan

    ReplyDelete
  20. penyakit yang menakutkan walaupun ada penanganannya

    ReplyDelete
  21. wah mantap sangat bermanfaat gan, thanks infonya

    ReplyDelete
  22. mantap bener tuu gan, thanks infonya..

    ReplyDelete
  23. ngeri juga ye dampak TBC,
    thnks atas infonya ,

    ReplyDelete
  24. Kita harus bisa menjaga diri, menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.

    ReplyDelete