TERBARU
Loading...

CARA MENGHINDARI PERISTIWA BLANK JIKA SEDANG TAMPIL DI ATAS PANGGUNG

CARA MENGHINDARI PERISTIWA BLANK JIKA SEDANG TAMPIL DI ATAS PANGGUNG

            Setiap dari kita yang berporfesi sebagai pembicara depan umum pasti pernah mengalami peristiwa blank Baik itu pemula maupun yang sudah pro pasti pernah mengalaminya. Itu wajar karena itu adalah hal yang lumrah dan umum terjadi. Akan tetapi anda jangan bersedih karena hal ini dapat di atasi tapi dengan syarat anda harus bekerja keras. Walaupun anda beberapa orang yang terlihat secara natural bisa mengatasinya dengan cepat, tapi percayalah kalau orang itu pastinya sudah pro dan telah mengalami ribuan kali peristiwa blank tersebut sehingga dia tau apa yang harus dia lakukan jika itu terjadi lagi. Berikut ini cara menghindari peristiwa blank jika sedang tampil di atas panggung menurut saya. Semoga ini bisa menjadi referensi yang baik untuk anda.

CARA MENGHINDARI PERISTIWA BLANK JIKA SEDANG TAMPIL DI ATAS PANGGUNG

1. Persiapkan Materi jauh - jauh hari

            Ya betul persiapkanlah materi anda jauh - jauh hari. Peristiwa Blank bisa juga terjadi jika anda telah kehabisan materi sedangkan waktu tampil anda masih banyak. Maka dari itu ada baiknya anda jauh - jauh hari telah menyiapkan materi dengan durasi 10 menit lah. Pilihlah materi anda yang terbaik dan asumsikanlah semua penonton yang anda miliki sebagai uang yang suatu saat akan mendatangi anda.

2. Perbanyak Latihan

            Boleh saja jika anda memiliki banyak materi untuk dibawakan dan boleh saja jika anda mampu menguasai penonton dengan baik asalkan anda jangan pernah lupa terhadap satu hal yaitu LATIHAN. Latihan adalah proses yang harus kita jalani untuk bisa lebih memperdalam materi kita. Mencari ekspresi dan teknik pembawaan materi yang tepat itu dapat kita dapatkan saat latihan. Ingat "Latihan memberikan kesempurnaan", perbanyaklah latihan agar penampilan anda bisa maksimal dan penonton pun akan senang melihat anda.

3. Yakin

            Ini biasanya terjadi saat seseorang belum memiliki banyak jam terbang. Materinya belum mantap, penampilannya pun biasanya masih gugup dan tentunya dia pasti akan kurang yakin dengan materinya dan akhirnya dia akan mengalami Blank. Sebenarnya kunci untuk mengatasinya adalah dengan cara yakin dengan diri dan materi anda. Yakinlah terhadap diri anda kalau anda bisa, yakinlah terhadap materi anda kalau itu adalah materi yang terbaik. Tidak perlu bagus asalkan itu murni buatan anda sendiri. Insyallah anda akan mendapatkan yang terbaik.

4. Perbanyak Jam terbang

            Perbanyklah jam terbang anda. Jam terbang yang saya maksud disini adalah bukan jam yang bisa terbang tapi jam tampil anda. Perbanyklah jam tampil anda , kalau bisa tampillah di berbagai acara, mulai dari acara amal sampai acara kecil - kecilan lainnya supaya anda bisa terbiasa berdiri di atas panggung dan kemudian tidak mengalami blank lagi.

5. Membaca Doa.

            Ini biasanya sering dilupakan oleh setiap orang. Kadang orang - orang tidak tau betapa dahsyatnya kekuatan doa itu. padahal dengan doa semuanya bisa berubah. cukup dengan bermodalkan BISMILLAH saja insyallah kita akan dimudahkan oleh allah dalam pengucapan setiap kata dan kalimat yang keluar dari mulut kita. Dengan doa juga kita akan mendapatkan kepercayaan diri lebih karena kita telah yakin kalau allah ada bersama kita dan siap membantu kita setiap saat.


21 comments: Leave Your Comments

  1. cocok untuk saya yang suka demam panggung hehe

    ReplyDelete
  2. cocok nih buat saya yang suka gemeteran kalo lgi tampil di depan orang banyak... :D

    ReplyDelete
  3. cocok untuk saya nih karena saya sering grogo di atas panggung (y)

    ReplyDelete
  4. yang terpenting itu latihan menurut saya , jangan meremehkan , jangan menggampangkan

    ReplyDelete
  5. Kadang kalo nge MC jadi blank,mantap dah ni info.

    ReplyDelete
  6. wiiss... thnk's brayy...
    infonya sangat sangat bermanfaat. :-).

    ReplyDelete
  7. biasanya setiap orang beda beda gan cara menghadapinya

    ReplyDelete
  8. makasih gan tipsnya sangat membantu

    ReplyDelete
  9. wkwkw saya klo naik panggung langsung meriang :v

    ReplyDelete
  10. nice tips, saya sering ngeblank nih

    ReplyDelete
  11. dulu suka gemetaran, tetapi setelah fokus pada manfaat yang lebih besar saat berpidato, maka rasa grogi dsb langsung hilang.

    ReplyDelete
  12. sebagai referensi artikelnya bermanfaat bngt gan..thanks infonya.

    ReplyDelete
  13. pas banget nih artikel buat ane yg susah berbicara didepan umum alias grogian hehehe

    ReplyDelete
  14. Mantap gan, bermanfaat banget nih buat orang yang suka nge blank kalo lagi tampil di panggung

    ReplyDelete
  15. mantap gan, sangat bermanfaat buat ane dan orang-orang yang suka nge blank kalo lagi tampil di panggung.

    ReplyDelete
  16. wahh tipsnya cocok buat saya nih, tq ya gan. nice info

    ReplyDelete