TERBARU
Loading...

CARA MENENTUKAN GAJI KARYAWAN

CARA MENENTUKAN GAJI KARYAWAN

            Jika anda seorang pengusaha dan memiliki usaha yang sudah lumayan besar pastinya anda memerlukan karyawan untuk membantu anda. Akan tetapi dalam mempekerjakan karyawan juga pasti kita harus mempersiapkan gajinya. Nah sebagai bos dalam usaha sendiri pastinya anda tidak ingin dimanfaatkan apalagi ditipu oleh karyawan. Karena tidak selamanya karyawan yang kita pekerjakan itu bisa berlaku jujur dan bekerja seperti yang kita inginkan.


          Sebagai bos disitulah tugas anda. Perhatikan kinerja karyawan anda dan catatlah grafik hasil kerjanya, karena dengan begitu anda bisa menentukan jumlah gaji yang layak diterima oleh karyawan anda tersebut. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak ulasan berikut.

 CARA MENENTUKAN GAJI KARYAWAN

1. Perhatikan kinerjanya

            Perhatikanlah kinerja karyawan anda, bagaimana saat dia melakukan tugasnya, bagaimana saat dia berhadapan pelanggan dll. Sebagai bos anda harus mencermati hal ini sedetail - detailnnya, karena posisi anda sekarang tidak lagi terjun langsung kelapangan melainkan mengawasi kinerja karyawan. Dalam benak anda pasti ada rasa takut jikalau ternyata karyawan anda bekerja tidak sesempurna anda, tidak sehalus anda. Anda juga takut kalau bagaimana bila nanti pelanggan anda akan kabur jika karyawan anda bekerja asal - asalan. Maka dari itu kembali lagi perhatikanlah kinerja karyawan anda amati apa yang salah dari dia jika sudah catat lalu berikan gajinya. Jika dia bertanya anda cukup memperlihatkan hasil catatan anda terhadapnya.

2. Perhatikan Kedisiplinannya

            Kedisiplinan adalah hal yang sangat penting dalam kemajuan suatu bisnis atau usaha. Walaupun sebagus apapun produk yang anda miliki tapi jika anda atau karyawan anda bekerja tidak disiplin maka yakin dan percaya kalau pelanggan anda perlahan - lahan akan pergi. Maka dari itu perhatikanlah kedisiplinan karyawan anda, mulai saat dia datang kerja on time atau tidak, saat bekerja dia serius atau tidak dan saat bekerja dia teliti atau tidak karena semua itu bagian dari kedisiplinan dalam bekerja. Anda harus memperhatikannya karena pastinya anda ingin memberikan yang terbaik untuk pelanggan anda.

3. Perhatikan Latar belakangnya

            Ini anda hanya lakukan saat diperlukan saja. Jika anda melihat karyawan anda memiliki masalah dalam bekerja sebaiknya jangan asal menjudge melainkan perhatikanlah dulu latar belakangnya dan analisa mungkin saja latar belakang itu mempengaruhi karyawan anda dalam bekerja. Dan setelah anda melakukan semua itu baru anda boleh menentukan gajinya.

4. Perhatikan sifat dan kepribadiannya

            Dalam mempekerjakan karyawan anda pastinya tidak ingin merekrut sembarang orang bukan. Anda pasti akan menyesuaikan semua kriteria yang anda miliki dengan karyawan anda karena anda tidak ingin memberikan uang anda ke orang yang mungkin tidak serius bekerja di usaha anda. Ingat Dalam menentukan gaji karyawan itu bukan perkara mudah. ada baiknya jika anda melihat dan menulusuri sifat serta kepribadian karyawan anda agar anda bisa mengetahui luar dalam karyawan anda. Jangan sampai anda mempekerjakan karyawan yang kelihatannya rajin diluar namun memiliki hati yang kotor di dalam. Namun jika memang anda mendapatkan karyawan yang seperti ini ada baiknya anda untuk tidak menggajinya melainkan langsung pecat saja. Ingat lebih baik aman daripada menyesal.


5. Berikan penghargaan (Bila perlu)


            Jangan ragu untuk memberikan penghargaan berupa kenaikan gaji untuk karyawan anda jika dia memang layak mendapatkannya. Jika anda memperhatikan kinerjanya dan anda mendapati bahwa grafiknya naik maka ada baiknya jika anda memberikannya penghargaan. Karena jika anda melakukan itu mungkin saja karyawan anda akan merasa dihargai dan diapun makin betah bekerja pada anda. 


25 comments: Leave Your Comments

  1. oh gitu ya gan , baru tahu soalnya ane juga punya karyawan, cuman kadang bingung mau kayak gimana meriksanya kalau gitu mau ane praktekan ah hehee salam kenal gan

    ReplyDelete
  2. Perhatikan kinerja itu salah satu yang terpenting seharusnya. Dengan begitu sopan santun juga akan terjaga

    ReplyDelete
  3. nice info, kebetulan saya memang sedang membuat satu perusahaan dan butuh informasi bagaimana cara menilai kinerja karwayan. terima kasih postingannya. Salam

    ReplyDelete
  4. ada juga perusahaan ygt mukul rata saja gaji karyawannya gan. kalo statusnya karyawan ya sama gajinya dengan karyawan yang lain.

    ReplyDelete
  5. Cocok buat yang bergumul dalam bisnis..
    makasih banyak sobat

    ReplyDelete
  6. kalau saya sebagai bossyang paling utama adalah kejujuran dan keramahannya, maka akan saya naikan gajinya

    ReplyDelete
  7. ternyata lumayan juga ya prosesnya

    ReplyDelete
  8. Nice info :D
    Perlu banget ini pengetahuan bagi seorang BOS

    ReplyDelete
  9. Diantara ke 5 cara diatas yang paling kinerjanya :D , tanpa kinerja semua tidak akan berjalan sesuai apa yang menjadi tanggung jawab mereka (karyawan).

    ReplyDelete
  10. Terimakasih gan artikelnya sangat bermanfaat, buat bekal nanti kalo punya karyawan ..Aamiin.
    Bisa menggunakan tips-tips ini ya..

    ReplyDelete
  11. oh gitu ya, seekarang gw tau, kalau dulu mah gw bungung karena takut kegedean takkut kekecila, thank's gan. nice info nya .

    ReplyDelete
  12. Bisa buat refrensi nih klo saya sdh besar.... :D

    ReplyDelete
  13. Infonya berguna,buat yang lain juga,maju terus gan

    ReplyDelete
  14. biasanya faktor kinerja sampai lembur seperti perlu mendapat perhatian lebih

    ReplyDelete
  15. Nice Info gan.

    Bagus nih buat bos saya.. HAHAH

    ReplyDelete
  16. Rajin loyal baik, aku berikan gaji plus pada org itu

    ReplyDelete
  17. Loyal, baik, rajin bekerja aku berikan gaji plus utk orang itu.

    ReplyDelete
  18. artikel yang menarik gan..
    terima kasih banyak..

    ReplyDelete