TERBARU
Loading...

CARA MENERAPKAN KEDISIPLINAN KEPADA KARYAWAN

CARA MENERAPKAN KEDISIPLINAN KEPADA KARYAWAN


            Dalam dunia kerja kedisiplinan itu penting, tidak peduli apapun posisi anda kedisiplinan harus tetap anda terapkan. Akan tetapi setiap perusahaan pasti memiliki karyawan, namun perlu anda ketahui kalau karyawan juga manusia. Pasti akan ada saat dimana dia tidak disiplin dalam bekerja. Ingat karyawan itu manusia bukan robot. Tugas kita sebagai pemimpin iyalah meminimalisir ketidak disiplinan tersebut. Jangan di diamkan terlalu lama karena pastinya akan memberikan dampak buruk bagi perusahaan kedepannya. Maka dari itu bagi anda yang memiliki masalah mengenai penerapan kedisiplinan untuk karyawan anda, ada baiknya jika anda menyimak ulasan berikut.

CARA MENERAPKAN KEDISIPLINAN KEPADA KARYAWAN

1. Buatkan peraturan


            Buatkanlah peraturan dalam perusahaan anda. Karena adanya peraturan menandakan kalau perusahaan anda itu bukan perusahaan sembarangan. Peraturan bisa menjadi dasar suatu perusahaan, peraturan juga bisa menjadi tiang suatu perusahaan. Dengan menerapkan peraturan maka karyawan anda pun mengerti apa saja yang mereka bisa lakukan dan apa yang tidak boleh mereka lakukan. Akan tetapi jika anda sudah membuatnya jangan lupa untuk mengawasi penerapannya, karena stigma negatif dalam pikiran masing - masing individu yang berbunyi "Peraturan dibuat untuk dilanggar", itu sulit untuk di hilangkan.

2. Terapkan hukuman


            Terapkanlah hukuman bagi para pelanggar aturan. Sesuaikan juga jenis hukuman dengan aturan yang telah dia langgar. Jangan berlebihan dalam penerapan hukuman tapi jangan juga terlalu lembek. Penerapan hukuman yang berlebihan akan menimbulkan efek seram dan menakutkan ke karyawan lain, sedangkan hukuman yang terlalu lembek akan memberikan anggapan kalau anda adalah pemimpin dengan jiwa berbie, tidak tegas dan tidak punya nyali.

3. Berikan penghargaan


            Berikan penghargaan kepada karyawan yang patuh terhadap aturan dan disiplin dalam bekerja . Berikan penghargaan yang setinggi - tingginya sehingga karyawan lain menganggap kalau anda adalah sosok yang sangat menghargai, sehingga mereka akan menjadikannya contoh yang baik dalam bekerja. Jangan ragu dan jangan sungkan untuk melakukannya. Jika karyawan anda senang terhadap anda toh yang di untungkan juga anda ya kan ?.

4. Berikan contoh


            Berikan contoh kedisiplinan yang baik dan benar kepada karyawan anda seperti datang lebih awal dibanding karyawan lain. Bekerja lebih disiplin dari karyawan lain dll. JAdikanlah diri anda contoh kepada karyawan anda karena karyawan itu ibarat seorang anak yang pandai meniru. Jika Pimpinannya saja tidak becus kerja maka apalagi karyawannya. Jika Pimpinannya saja tidak disiplin orangnya maka apalagi karyawannya.

5. Jangan memilih - milih


            Jika ada karyawan yang tidak disiplin dalam bekerja, berikanlah hukuman. Walaupun karyawan itu adalah kerabat anda sendiri. Janganlah pernah memilih - milih dalam penerapan kedisiplinan dalam perusahaan. Perusahaan itu ibarat sebuah mesin dan karyawan adalah gear - gear yang mengisi di dalamnya. Jika hampir semua gear telah berjalan bagus dan ada satu gear yang bekerja tidak becus dan disiplin apakah mesin itu akan beroperasi ?, tidak kan. Maka dari itu tegaslah dalam menerapkan hukuman. Jangan memilih - milih karyawan. Anda pasti tidak menginginkan mesin anda tidak beroperasi lebih buruk lagi ya kan. 


20 comments: Leave Your Comments

  1. ide bagus, ada nich gan karyawan ane, tapi bingungnya dia masi sudara gimana ya ???

    Salam Cinta dan Romansa
    Lukman

    ReplyDelete
  2. tips bagus nih, bisa saya coba buat temen temen sya dikelas biar disiplin :D

    ReplyDelete
  3. bagus nih idenya agar para karyawan tidak malas saat bekerja

    ReplyDelete
  4. emang bener tuh ... makasih nih caranya (y)

    ReplyDelete
  5. Satu lagi, jangan bedakan kalau dia keluarga

    ReplyDelete
  6. nah ini buat bekal masa depan HIHIHI

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya bagi orang yang dewasa harus ada kesadaran dalam dirinya sendiri, artikeli ni bagus untuk dijadikan inspirasi tambahan.Saya suka bagian memberi sugestinya :)

    ReplyDelete
  8. keren nih jabi bisa tambah wawasan

    ReplyDelete
  9. hampir sama dengan yang saya lakukan ketika sekolah dan bergulat dalam organisasi. nice gan

    ReplyDelete
  10. Segala sesuatu memang harus ada aturan, namun jangan sampai aturan itu menjadi sebuah tembok besar yg memisahkan antara atasan dan bawahan

    ReplyDelete
  11. Makasih loh gan tapi pikiran orang tentang peraturan untuk di langgar sih memang ganggu

    ReplyDelete
  12. Cara-caranya boleh diterapin kepada orang yang gak disiplin. Thanks gan

    ReplyDelete
  13. Susah lagi kalo karyawannya orang deket kita (misal sodara sendiri), bakal susah ngedisiplininnya

    ReplyDelete
  14. Untuk dapat disiplin memang sulit, terbukti hanya sebagian kecil yang mampu memegang teguh disiplin. Sebagian besar dari manusia mudah tergiur dengan kesenangan sementara dan mengabaikan kedisiplinan yang terbukti membawa kemenangan. dengan adanya artikel ini mudah - mudahan menjadi manfaat bagi kariawan di indonesi maupun mancanegara.

    ReplyDelete
  15. Lumayan Buat Bekal Masa Depan (y)

    ReplyDelete
  16. Kedisiplinan Paling Utama

    ReplyDelete
  17. Memang begitu seharusnya memberlakukan seperti cara2 diatas. Semoga bermanfaat bagi orang2 diseluruh dunia

    ReplyDelete
  18. cari Tiket Pesawat Murah? Dapatkan segera hanya di SELL TIKET.com Klik disini:
    selltiket.com
    Booking langsung tanpa antri... HARGA Di Jamin Murah!!!
    CEPAT,….TEPAT,….HARGA HEMAT!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085363402103
    PIN : D364EDCB

    ReplyDelete