TERBARU
Loading...

CARA MENGAKALI LINGKUNGAN YANG RAWAN BENCANA


            Dalam pemilihan tempat tinggal terkadang kita tidak tau hal - hal apa yang telah terjadi pada lingkungan calon bakal tempat tinggal kita tersebut. Mau itu peristiwa kriminal sampai bencana alam. Kebanyakan orang pasti tidak ingin tinggal dilingkungan seperti ini, mereka pasti lebih cenderung mencari tempat yang lebih aman untuk di tinggali. Itu wajar karena setiap orang pasti ingin yang terbaik untuk keluarganya. Akan tetapi untuk anda yang sudah terlanjur tinggal di daerah rawan bencana pasti memiliki cara tersendiri untuk mengakali semua peristiwa tersebut. Jujur saya juga tinggal di daerah rawan bencana dan berikut ini beberapa cara dalam mengakali lingkungan rawan bencana yang sering saya lakukan.

CARA MENGAKALI LINGKUNGAN YANG RAWAN BENCANA

1. Perhatikan Jenis Bencana Apa yang Sering terjadi

            Yup betul. Untuk anda yang baru saja pindah ke suatu daerah dan mengetahui kalau daerah tersebut rawan terkena bencana seperti banjir dll. Ada baiknya jika anda mencari tau jenis bencana yang sering terjadi lalu kemudian anda memutuskan apa -apa saja yang anda harus lakukan untuk menyikapinya.  

2. Antisipasi dengan membangun bangunan sesuai bencana yang sering terjadi

            Bangunlah bangunan yang anti terhadap bencana yang sering terjadi. Seperti Jika daerah anda rawan banjir maka bangun lah rumah yang tinggi. Jika lingkungan rumah anda rawan bencanna angin kencang maka bangun lah rumah yang anti angin kencang. Ini seperti penyusaian diri. Sesuaikanlah diri anda dengan jenis bencana yang sering terjadi. Jika sudah menguasainya maka yakin dan percaya kalau anda pasti akan bisa bertahan di lingkungan tersebut.

3. Ajari keluarga anda cara evakuasi yang tepat

            Nah ini lah yang kadang kita lupakan. Kita mungkin terlalu sibuk untuk mempersiapkan diri jika terjadi bencana sehingga kita lupa untuk mengajari keluarga kita cara evakuasi yang benar. Dengan mengajari keluarga kita cara evakuasi yang benar bisa melatih mereka untuk tidak panik dan bisa keluar dari selamat jika memang terjadi suatu bencana.

4. Siap sedia no telfon aparat negara

            Nah ini juga merupakan hal yang penting. Siap sedialah no telfon aparat negara mau itu polisi, tentara, pemadam kebakaran, tim sar, mobil ambulance dll semuanya pokoknya. Ini semua agar jika memang bencana yang sangat parah menimpa lingkungan rumah anda, maka anda akan mengetahui harus menghubungi siapa untuk meminta bantuan.

5. Jika Memang tidak layak tinggal. Pindah


            Saya kira hal ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Jika anda menganggap bencana yang terjadi sudah sangat parah sebaiknya anda pindah. Sejago apapun anda daalam mengantisi pasi bencana tapi ingatlah kalau anda tidak akan pernah bisa menang melawan alam. Maka dari itu kita sebagai manusia jangan sombong dan takabur karena jika mau mungkin alam akan dengan sangat mudah melenyapkan kita dari pemukaan bumi. 

13 comments: Leave Your Comments

  1. jangan buang sampah merupakan hal kecil untuk mencegah bencana banjir...bermanfaat sekalli infornya sobat

    ReplyDelete
  2. satu lagi gan, ikuti petunjuk petugas SAR :)

    ReplyDelete
  3. kalo tinggal di daerah gunung yang masih aktif biasanya pasti sudah tau apa yang harus dilakukan. dr itu kita berpikirnya realistis saja. jangan bikin rumah yg gede gede banget disitu takutnya ketimbun :P

    ReplyDelete
  4. tinggal di daerah pegunungan sangat ngeri,, dan was was, harus hati2 kalau tinggal di daerah pegunungan

    ReplyDelete
  5. kalau tinggal di daerah pegunungan harus hati2 yahh

    ReplyDelete
  6. untung ane tinggal di perkotaan haha

    ReplyDelete
  7. NIce infonya gan, sangat bermanfaat nih biar lingkungan tetap terjaga :D

    ReplyDelete
  8. biar gak rawan bencana kita juga mesti merawat lingkungan dan menjaganya... nice infonya gan

    ReplyDelete
  9. Waah, mksih infonya nih gan..
    tempat ane sring bnjir, jdi harus sllu siapin perahunya :D

    ReplyDelete