TERBARU
Loading...

MANFAAT 4 JENIS BAKTERI PADA YOGHURT

MANFAAT 4 JENIS BAKTERI PADA YOGHURT

Yoghurt adalah produk yang diperoleh dari hasil fermentasi susu. Terdapat bakteri pada yoghurt yang baik. Bakteri tersebut merupakan bakteri baik. Selain itu, yoghurt memiliki kandungan energi, karbohidrat, gula, protein, vitamin A dan B2, serta kalsium. Hasil fermentasi susu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut antara lain meliputi membantu menjaga berat badan tetap stabil, menjaga kesehatan gusi, serta mencegah infeksi saluran pencernaan. Hal ini tentu karena adanya peran bakteri pada yoghurt.

Terdapat bakteri pada yoghurt yang sering kita konsumsi. Bakteri tersebut adalah bakteri baik yang memberikan manfaat bagi kesehatan khususnya pencernaan kita. Bakteri baik seperti probiotik misalnya, merupakan bakteri yang dapat menghasilkan antibiotika yang membantu keutuhan mukosa, meningkatkan daya tahan tubuh, serta melancarkan sistem metabolisme pada tubuh.

Bagi Anda yang kurang akrab dengan istilah bakteri pada yoghurt, akan lebih baik jika menyimak manfaat baik dari 4 jenis bakteri yang terdapat yoghurt. Sehingga Anda tidak merasa bingung atau khawatir akan bakteri-bakteri yang ada pada yoghurt. Berikut keempat jenis bakteri pada yoghurt.

MANFAAT 4 JENIS BAKTERI PADA YOGHURT


1.      Streptococcus thermophilus


     Bakteri pada yoghurt ini termasuk bakteri non patogenik dan non motile. Bakteri yang satu ini memiliki manfaat untuk meredakan gejala intoleransi laktosa, mampu menurunkan kadar asam lambung, serta permasalahan pencernaan lain yang sering dikeluhkan kebanyakan orang. Bakteri streptococcus ini memproduksi adenosine trifosfat dari respirasi serta senyawa nitrogen dari proses hidrolisis protein susu.

2.      Lactobacillus debrueckii subspecies bulgaricus


  Bakteri pada yoghurt ini merupakan bakteri yang mampu memfermentasikan laktosa sehingga terbentuk asam laktat. Selain itu, bakteri baik ini juga akan menunjang perkembangana bakteri baik lain serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Bakteri pada yoghurt ini juga mampu menyetabilkan kadar kolesterol dalam darah, menghambat perkembangan mikroorganisme berbahaya yang terdapat di saluran pencernaan manusia.

3.      Lactobacillus acidophilus


  Lactobacillus acidophilus ini adalah jenis bakteri pada yoghurt yang memiliki manfaat mengatasi perut kembung, bau pada mulut, serta menjaga kesehatan usus. Bahkan bakteri baik ini juga dapat mengatasi intoleransi laktosa.

4.      Bifidobacterium


 Bifidobacterium adalah salah satu bakteri pada yoghurt yang mampu menghambat perkembangan bakteri penghasil nitrat pada usus besar, melancarkan metabolisme pada usus, menjaga keasaman usus tetap stabil, serta dapat megurangi efek buruk akibat antibiotik. Bakteri probiotik ini sebenarnya ada dalam pencernaan manusia secara alami.


Yoghurt adalah jenis makanan sehat yang mengandung bakteri baik. Di mana keempat jenis  bakteri pada yoghurt tersebut memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga didukung adanya penelitian ilmiah mengenai keuntungan bakteri tersebut yang telah dilakukan oleh ilmuwan pada abad ke-19 dahulu. Sehingga mengonsumsi yoghurt akan membuat tubuh orang yang mengonsumsi akan sehat.


24 comments: Leave Your Comments

  1. Keren Artikelnya, Jadi Nambah Ilmu. Lanjutkan

    ReplyDelete
  2. Nice Artikel, ternyata banyak juga ya gan manfaatnya.

    ReplyDelete
  3. Setiap saya mengalami kembung, sering sekali saya memakan yougort biar anginya cepet keluar, selain itu rasanya aku juga suka.

    ReplyDelete
  4. Wah saya suka banget sama susu ehh tapi ini maksdnya minum susu ya haha
    Apalagi youghrt, dan ternyata banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  5. memang enak dan banyak manfaatnya gan ,, like this

    ReplyDelete
  6. terima kasih buat artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. blognya bagus gan,,, dan artikelnya juga bermanfaat. terima kasih :D

    ReplyDelete
  8. wah ternyata yoghurt sangat bagus bagi usus dan pencernaan ya gan, kebetulan sya memiliki masalah pencernaan, thx nih

    ReplyDelete
  9. bagus nih yogart agar terhindar dari sakit perut

    ReplyDelete
  10. walaupun rasanya agak asem, tapi ane suka banget tuh...

    ReplyDelete
  11. Bagus nih buat nambah wawasan...
    thaks gan

    ReplyDelete
  12. ini emang gak enek dilidah tapi sehat di badan

    ReplyDelete
  13. ternyata ini toh bakteri yg ada di yoghurt

    ReplyDelete
  14. Yoghurt makanan favorit saya, banyak manfaat di makanan yoghurt

    ReplyDelete
  15. Yoghurt emang oke gan, emang dibuat dengan cara fermentasi tapi manfaatnya oke,

    ReplyDelete
  16. suka banget gue am yougurt..
    hmpr tiap hari munum itu

    by dedi mitsubishi

    ReplyDelete
  17. Saya lbh sering make yoghurt jadi masker hihihi

    ReplyDelete
  18. suka sama rasanya yogurt yang asem2 gitu, tapi baru tau manfaat dari bakteri yang ada di dalamnya hehe

    ReplyDelete
  19. yogurt ditempat gue mahal njirr 2000 rupiah cuma dapet dikit
    Salam kenal dari Muhamad Ilyas.

    ReplyDelete