TERBARU
Loading...

JENIS - JENIS TANAMAN BERACUN YANG MENAWAN

JENIS - JENIS TANAMAN BERACUN YANG MENAWAN

Tanaman beracun- Bunga adalah jenis tanaman yang seringkali menghuni pekarangan sebagai penghias. Kehadiran bunga nan cantik akan membuat pekarangan menjadi lebih sejuk dan sedap dipandang, sehingga membuat kita lebih betah berlama lama. Namun, tak semua jenis tanaman yang indah itu aman untuk ditanam. Beberapa jenis tanaman indah, terkadang justru akan membahayakan atau bisa juga “sangat membahayakan” karenan memiliki sifat racun. Beberapa jenis tanaman beracun yang wajib dihindari, antara lain :

JENIS - JENIS TANAMAN BERACUN YANG MENAWAN


1.      Sri rejeki

  Penggemar tanaman hias, tentunya tak akan asing dengan nama bunga ini. Sri rejeki atau yang biasa disebut juga dengan beras kutah, pisang tanah, dll adalah tanaman hias yang memiliki ciri khas totol putih menyerupai biji beras disetiap helai daunnya. Tanaman ini seringkali ditanam dalam pot dan diletakkan pada sudut ruangan. Namun Tahukah anda, dibalik rupanya yang menawan sri rejeki adalah tanaman beracun.

  Dalam sitoplasma sel tanaman ini, ada senyawa  kalsium oskalat yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Kandungan kalsium oskalat ini akan keluar bersama dengan getah tanaman yang berfarna putih susu. Jika getah ini sampai masuk dalam tubuh, maka akan menyebabkan gatal, kejang, ganggan pernafasan, lidah melepuh, atau bahkan kematian pada anak anak.

2.      Kecubung

 Tanaman beracun lainnya yang seringkali dijumpai pada pekarangan rumah adalah kecubung. Ada dua jenis kecubung, yaitu kecubung dengan bunga ungu dan kecubung dengan bunga putih. Kedua jenis kecubung ini sama sama memliki efek halusinogen atau menurunkan kesadaran. Kecubung tegolong dalam tanaman beracun karena kandungan antropine, scopolamine, dan hyoscyamine yang berpotensi menurunkan kesadaran layaknya narkotika. Bahkan dalam jangka panjang, tanaman ini berpotensi menimbulkan efek candu dan sistem syaraf otak.

3.      Nerium oleander

 Siapa sangka, tanaman cantik yang rajin berbunga ini tegolong dalam tanaman beracun. Bunganya yang cantik menyerupai bunga geranium seolah menghilangkan anggapan bahwa bunga ini adalah tanaman beracun yang mematikan. Nerium oleander, tergolong beracun karena kandungan oleandrin dan neriine didalamnya yang mampu merusak sistem saraf, mengganggu peredaran darah, dan mengganggu pencernaan. dalam jumlah kecil, getah tanaman beracun ini dapat mengakibatkan iritasi kulit dan juga kebutaan jika tekena mata.

 Gejala keracunan yang timbul akibat tanaman ini antara lain demam, mual, muntah, tubuh bergetar, hilangnya kesadaran (bahkan bisa jadi hingga koma), pusing dan jantung berdebar. Dalam kasus yang lebuh parah, getah tanaman beracun jenis ini dapat menyebabkan kematian jika sampai tertelan.


Itulah beberapa jenis tanaman beracun yang mungkin ada di sekitar kita. Jika bertemu dengan salah satu dari tiga tanaman diatas, lebih baik anda menghindar dan sebisa mungkin jauhkan anak anda dari tanaman tersebut.


23 comments: Leave Your Comments

  1. wah keren nih gan info tentang tanamanya trims infonya gan

    ReplyDelete
  2. yang sering ane denger kecubung gan.. cm terlihat bagus tapi beracun.. thx infonya

    ReplyDelete
  3. Beracun kok menawan gan wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat ini gan , jadi nambah ilmu

    ReplyDelete
  5. woo, cantik diluar busuk didalem~ :v .wkwk thanks sharing gan

    ReplyDelete
  6. di taman ane ada tanaman sri rejeki itu gan, kudu hati2 nih

    ReplyDelete
  7. padahal bagus tuh tanaman tapi beracxun

    ReplyDelete
  8. bunga raflesia ga termasuk juga gan :v

    ReplyDelete
  9. kalo dilihat-lihat memang bagus untuk menjadi koleksi tapi sayangnya beracun, nice artikle mas

    ReplyDelete
  10. itu racunnya bisa mematikan ya mas, tpii yg sring ane dgr kcbung mas :)
    trnyta msiih byk ya.

    ReplyDelete
  11. Wah kecubung beracun ya? Pantesan orang makan kecubung suka jd mabok haha

    ReplyDelete
  12. ohh kecubung toh,btw thanks gan infonya

    ReplyDelete
  13. tanaman indah tak sebaguas khasiatny ya

    ReplyDelete
  14. cuma kecubung yg ane tau :) sisanya baru tau sekarang, makasih udah share :)

    ReplyDelete
  15. Wahh, serem ya, bunga menawan tpi berbahayaa :D

    ReplyDelete
  16. pengetahuan tanamn jadi baru hehehehehehe Sitemap

    ReplyDelete
  17. kasih pict gan biar ae tw tanamannya kayak gimana

    ReplyDelete
  18. wah baru tahu saya kalau tanaman kecubung beracun, sya sering banget metik bunga kecubung

    ReplyDelete