TERBARU
Loading...

MENGENAL APA ITU KONSTIPASI (SEMBELIT) DAN CARA MENCEGAHNYA

MENGENAL APA ITU KONSTIPASI (SEMBELIT) DAN CARA MENCEGAHNYA

            Proses terjadinya konstipasi yaitu ketika gerakan peristaltis dari otot-otot dinding usus besar menggerakan tinja dari saluran pencernaan menuju ke rectum. Pada rectum itu sendiri terdapat ampula yang menjadi tempat penampungan tinja untuk sementara. Otot-otot pada dinding rectum yang telah dipengaruhi oleh system saraf dapat membuat suatu rangsangan untuk mengeluarkan tinja keluar tubuh.

            Jika pembuangan tinja ditahan maka menyebabkan tinja kembali ke usus besar yang menyebakan air pada tinja kembali diserap sehingga menyebabkan tinja menjadi sangat padat. Jika buang air besar tidak dapat dilakukan dalam waktu yang lama dan tinja terus mengeras maka terjadilah konstipasi.

          Konstipasi atau sembelit merupakan kelainan pada sistem pencernaan dimana seseorang sulit untuk buang air besar yang disebabkan oleh pengerasan tinja yang berlebihan. Konstipasi yang tidak segera diatasi dapat menimbulkan komplikasi lain seperti wasir yang disebabkan karena terlalu memaksakan untuk buang air atau karena robeknya kulit disekitar anus. Dan seseorang yang telah menderita konstipasi dalam jangka waktu yang lama berisiko menderita Divertikulosis.

         Seseorang dapat dikatakan mengalami konstipasi  jika terdapat paling sedikit dua keluhan dan terjadinya paling sedikit 3 bulan. Keluhan tersebut seperti feses yang keras, perlu mengejan kuat saat buang air besar, rasa tidak tuntas setelah buang air besar yang meliputi 25% dari BAB, dan frekuensi BAB dua kali per minggu atau kurang. Orang yang frekuensi BAB kurang dari normal belum tentu menderita konstipasi jika ukuran maupun konsistensi fesesnya masih normal.

MENGENAL APA ITU KONSTIPASI (SEMBELIT) DAN CARA MENGATASINYA

1.  Tanda dan Gejala Sembelit

-         Perut terasa penuh atau kembung
-         Rasa sakit pada area perut
-         Rasa perih dan sakit pada saat buang air besar.
-         Tubuh tidak fit, lesu, cepat lelah sehingga malas untuk beraktivitas dan terkadang sering mengantuk.
-         Sering buang angin yang berbau dan lebih busuk dari biasanya.
-         Feses lebih keras, panas, berwarna lebih gelap dan lebih sedikit dari biasanya.
-         Sulit buang air besar, dan pada saat bersamaan tubuh berkeringat dingin dan terkadang harus mengejan dan menekan perut terlebih dahulu supaya dapat mengeluarkan feses.
-         Terjadi penurunan frekuensi buang air besar.
Untuk yang sembelit kronis gejalanya yaitu:
-         Perut terlihat seperti sedang hamil
-         Feses yang keras dan berbentuk bulat kecil
-         Frekuensi BAB dapat mencapai berminggu-minggu
-         Tetap merasa lapar, tetapi ketika makan akan lebih cepat kenyang.

2. Faktor Penyebab Sembelit

 1.      Gaya hidup yang tidak sehat. Seperti  kurang makan makanan yang berserat dan kurangnya asupan cairan.
2.      Obat-obat. Sembelit bisa juga disebabkan oleh efek samping dari obat contohnya obat antidepresan, antasid, kodein, obat antihipertensi.
3.      Kurang beraktivitas / olahraga
4.      Kekurangan atau kelebihan berat badan
5.      Sering menahan buang air besar

3. Pencegahannya

 1.      Makanlah makanan yang berserat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, sereal. Karena makanan berserat berfungsi untuk membentuk massa feses sehingga mengembang dan mudah untuk dikeluarkan.
2.      Hindari makanan yang berlemak dan tinggi gula.
3.      Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari.
4.      Biasakan buang air besar secara teratur, dan jangan suka menunda-nunda atau menahan BAB.
5.      Rajin berolahraga minimal jogging selama 10-15 menit.

                                                                                    By Innah Hanur


24 comments: Leave Your Comments

  1. Wah ane suka makanan-makanan yang berminyak,apa itu juga berpengaruh gan?

    ReplyDelete
  2. ternyata olahraga juga perpengaruh gan, thanks infonya

    ReplyDelete
  3. bermanfaat nih mas... penjelasannya lengkap dan mudah dimengerti... terima kasih...

    ReplyDelete
  4. sembelit itu karna jarang minum air yaa brarti?

    ReplyDelete
  5. wuh harus hati hati nih sakit banget emang kalo sembelit, ane pernah sembelit satu kali dan rasanya... tau sendiri lah ya? :')

    ReplyDelete
  6. Setuju, perbanyak makan sayur itu penting.

    ReplyDelete
  7. Waduh ane Sering menahAn buang air....

    ReplyDelete
  8. wah pantesan saja saya sering sembelit soal nya ga imbang dengan apa yang saya makan dan tidak ada olahraganya :v

    ReplyDelete
  9. Waduh, menahan BAB juga ya ? Harus hati2 juga nih, thanks infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. kalo dari segi makan gimana gan ?

    ReplyDelete
  11. thanks banget infonya sob sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  12. keren infonya sob sangat membantu

    ReplyDelete
  13. wah ane ga rajin olah raga lagi :(

    ReplyDelete
  14. Sembelit memang benar-benar harus di atasi mas, trim's buat pencerahannya ya :)

    ReplyDelete
  15. wah triims infonya gan kadang" ade suka tiba2 tuh

    ReplyDelete
  16. nice gan berguna ini apalagi bagi saya yg suka-suka sembelit

    ReplyDelete
  17. iya gan bener banget kita harus perbanyak air putih

    ReplyDelete
  18. iya nih kadang ane juga suka sembelit.. gara suka menahan BAB :D hehe nice info gann !

    ReplyDelete
  19. Ane sering bget tuh sembelit. Jdnya hrs siap sedia obat sembelit di rumah -_-

    ReplyDelete
  20. thanks banget infonya sob sangat membantu

    ReplyDelete
  21. Mantap Gan isi artikelnya sangat bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  22. sembelit itu nggak enak,, biasakan hidup sehat... (y)

    ReplyDelete