TERBARU
Loading...

MENGENAL APA ITU VERTIGO DAN CARA MENGATASINYA

MENGENAL APA ITU VERTIGO DAN CARA MENGATASINYA

      Sebelum membahas tentang vertigo ada baiknya kita mengetahui proses terjadinya keseimbangan. Telinga selain berfungsi untuk mendengar juga berfungsi sebagai alat kesetimbangan tubuh saat kita bergerak. Bagian telinga yang berfungsi sebagai alat kesetimbangan terletak diatas koklea yakni tiga saluran semisirkuler (setengah lingkaran) dan vestibulum (serambi), kedua bagian ini berisi cairan limfa. Selain itu pada bagian dasar saluran setengah lingkaran terdapat bagian membesar yang disebut ampula.

       Di dalam ampula itu sendiri tersusun dari banyak sel rambut kecil bersilia. Sel rambut itu berfungsi sebagai reseptor yang dinamakan Krista. Krista terbenam dalam suatu zat seperti gelatin yang disebut kupula. Apabila kepala kita bergerak, cairan limfa akan ikut bergerak dan menstimulasi sel rambut untuk mengirimkan impuls saraf ke otak. Bagian inilah yang mempertahankan kesetimbangan dan mengatur gerakan tubuh. Ketika semua sistem tersebut berjalan dengan normal, hasilnya terjadi kesetimbangan yang baik. Namun jika, ada salah satu sistem yang terganggu maka kita akan merasakan gejala vertigo.

       Vertigo atau yang dikenal dengan istilah pusing 7 keliling merupakan keadaan dimana seseorang merasa dirinya atau ruangan disekitarnya seolah-olah berputar, yang biasanya disertai dengan rasa mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan bilangan hari.

MENGENAL APA ITU VERTIGO DAN CARA MENGATASINYA 

1. Penyebab Vertigo

       Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah secara tiba-tiba.

Adapun penyebab umum dari vertigo yaitu
a.      Keadaan lingkungan : Motion sikness ( Mabuk kendaraan darat, laut)
b.      Obat-obatan
c.      Kelainan sirkulasi. Gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak pada arteri vertebral dan arteri basiler.
d.      Kelainan pada telinga seperti:
-         Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri
-       Herpes zoster (ruam kulit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster)
-         Labirinitis (infeksi labirin di dalam telinga)
-     Peradangan saraf vestibuler (peradangan sel saraf keseimbangan)
-         Penyakit meniere (gangguan telinga bagian dalam)
-         Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkulasi dalam telinga bagian dalam yang menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo
e.      Kelainan neurologis, seperti:
-         Sklerosis multiple (penyakit yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang)
-         Tumor otak
-         Tumor yang menekan saraf vestibularis

2. Klasifikasi Vertigo

a.      Vertigo peripheral
      Terjadi jika ada gangguan di saluran telinga bagian tengah yang berfungsi untuk mengontrol keseimbangan.
Gejalanya yaitu: pandangan menjadi gelap; rasa lelah dan stamina yang menurun;  jantung berdebar; tidak mampu berkonsentrasi; hilang keseimbangan; perasaan seperti mabuk; otot terasa sakit; mual dan muntah; sensitive pada cahaya dan suara, dan sering berkeringat.

b.      Vertigo sentral
      Terjadi apabila ada sesuatu yang tidak normal di dalam otak, khususnya di bagian saraf keseimbangan yaitu daerah percabangan otak dan otak kecil (serebelum).
Gejalanya yaitu: sukar menelan; penglihatan ganda; sakit kepala yang parah; kesadaran terganggu;  tidak mampu berkata-kata; tubuh terasa lemah; hilangnya koordinasi serta mual dan muntah.

3. Cara mengatasi Vertigo

     Vertigo dapat diatasi dengan melakukan latihan vestibular seperti:
1.      Berdiri tegak, buka mata kemudian tutup mata dilakukan sebanyak 5 kali
2.      Gerakan kepala berputar. Pasang dagu ke dada, putar kepala ke kiri kemudian mengubah kearah kanan sebanyak 3 kali
3.      Gerakan wajah menghadap ke atas, lalu turun dengan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah. Kemudian naik lagi menghadap ke atas dengan perlahan-lahan, lakukan sebanyak 3 kali.
4.      Melatih gerakan kepala miring, yaitu dengan mencoba menempelkan telinga bagian kiri pada bahu kiri dan tahan selama 15 detik, kemudian lakukan pada telinga kanan dengan cara yang sama.
5.      Duduk dengan posisi punggung lurus dengan mata terbuka. Kemudian berdiri dengan mata tertutup. Ulangi sebanyak 3 kali
6.      Melatih gerakan bola mata secara horizontal yaitu dari kiri ke kanan. Kemudian dengan arah vertical yaitu menggerakkan bola mata dari atas ke bawah. Dilakukan sebanyak 3 kali.
7.      Praktet otot mata dengan mengikuti kemana arah objek yang bergerak, fokuskan mata pada objek stasioner.


Selain menggunakan latihan vestibular dapat juga dengan melakukan cara berikut:
-         Saat sedang tidur usahakan posisi kepala agak lebih tinggi, caranya dengan mengganjal kepala dengan 2 bantal atau lebih.
-         Jangan mengubah posisi tubuh dengan cepat, terutama dari posisi berbaring ke posisi duduk.
-         Saat bangun, bangunlah secara perlahan dan duduklah terlebih dahulu sebelum beranjak
-         Hindari gerakan membungkuk ketika ingin mengambil sesuatu.
-         Hindari tindakan menggerakan kepala  secara ekstrim seperti memutar-mutar, menengadah ke atas.
-         Jaga kesehatan telinga

                                                                                       By Innah Hanur


32 comments: Leave Your Comments

  1. Saya pernah kena vertigo, dua hari mesti bedrest tapi kepala nggak pakai sakit. Cuma muter2 aja kalo mata melek

    ReplyDelete
  2. saya kalo ngalamin vertigo karna kurang tidur.... biasanya pusing kepala tujuh keliling rasanya....
    terima kasih penjelasannya jelas sekali...

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya. Setau saya tidak semua pusing merupakan vertigo. Pusing belum tentu disebabkan karena vertigo. Kondisi yang sedang dialami tersebut mungkin disebabkan karena tekanan darah rendah (hipotensi), lapar, atau perasaan cemas.

    ReplyDelete
  4. infonya lengkap. kebetulan kakak sy pernah kena vertigo ngeliatnya kasian sekali sampe harus bedrest. semoga sy tidak perlu mengalami

    ReplyDelete
  5. makasih infonya sangat bermanfaat !!! :D

    ReplyDelete
  6. baru tau saya mas, thanks penjelasannya lengkap

    ReplyDelete
  7. beneran sob Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga? saya baru tau... thx info nya deh...

    ReplyDelete
  8. Vertigo itu kalau sepemahan ane sih penyakit pusing yang berlebih. Dan bahkan lebih bahaya ini dibanding dengan pusing biasa

    ReplyDelete
  9. Vertigo di sebabkan apa trus atasinya gmna

    ReplyDelete
  10. informatif sob boleh jadi referensi nih

    ReplyDelete
  11. Thanks gan buat penjelasan lengkapnya tntang vertigo, ane sii pernah menglami kjadian seperti dan emg rsanya kurang mnyenangkan
    So , pasti olahraga yg teratur ajha buat ngtasinnya

    ReplyDelete
  12. saya setiap jongkok lama, rasanya kurang ke seimbangan di tambah dengan pusing yg sangat. apakah ini dinamakan juga vertigo

    ReplyDelete
  13. mungkin yang paling sering alami adalah mabok perjalanan :3

    ReplyDelete
  14. katanya vertigo tuh bisa karna kecapean, bener gak gan ?

    ReplyDelete
  15. suka banget dengan artikelnya gan. hehe lanjutkan

    ReplyDelete
  16. Jadi lebih ngerti tentang vertigo dan cara mengatasinya nih, tengs :) jadi bisa nyegah daripada mengobati.

    ReplyDelete
  17. Jadi lebih mengerti tentang vertigo dan cara mengatasinya :) tengs yaaa.. jadi bisa mencegah sebelum mengobati.

    ReplyDelete
  18. Sangat lengkap penjelasan tentang vertigo ini gan, mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan kita semua

    ReplyDelete
  19. saya tuh kena vertigo pas dompet lagi kering
    pusingnya bukan 7 keliing lagi
    tapi 100 putaran

    ReplyDelete
  20. infonya lumayan lengkap gan, makasi ya gan atas infonya jdi saya makin tau tentang kesehatan

    ReplyDelete
  21. artikelnya keren gan, ijin ane buat share yak :)

    ReplyDelete
  22. Dari segi farmakologi saya pikir sudah jelas terkait tentang penyebab vertigo. Vertigo yang lebih dikenal dengan rasa sakit dengan level diatas sakit kepala, yang berhubungan dengan gangguan cairan otak dan telinga pada kesetimbangan tubuh saat bergerak. Lanjutkan sis, artikelnya sangat bermanfaat. tq :)

    ReplyDelete
  23. Dari segi farmakologi saya pikir sdh jelas terkait tentang penyebab vertigo. Vertigo yang lebih dikenal dengan rasa sakit dengan level diatas sakit kepala, yang berhubungan dengan gangguan cairan otak dan telinga pada kesetimbangan tubuh saat bergerak. Lanjutkan sis, artikelnya sangat bermanfaat. tq :)

    ReplyDelete
  24. Dari segi farmakologi saya pikir sdh jelas terkait tentang penyebab vertigo. Vertigo yang lebih dikenal dengan rasa sakit dengan level diatas sakit kepala, yang berhubungan dengan gangguan cairan otak dan telinga pada kesetimbangan tubuh saat bergerak. Lanjutkan sis, artikelnya sangat bermanfaat. tq :)

    ReplyDelete
  25. Dari segi farmakologi saya pikir sdh jelas terkait tentang penyebab vertigo. Vertigo yang lebih dikenal dengan rasa sakit dengan level diatas sakit kepala, yang berhubungan dengan gangguan cairan otak dan telinga pada kesetimbangan tubuh saat bergerak. Lanjutkan sis, artikelnya sangat bermanfaat. tq :)

    ReplyDelete
  26. temen gue ada yang vertigo nanti gue arahkan ke sini terimakasih gan

    ReplyDelete
  27. Ini dia tepat untuk menambah wawasan terapi Vertigo.. Top

    ReplyDelete