TERBARU
Loading...

MENGENAL TANAMAN PENYEMBUH HIPERTENSI DAN CARA MENGGUNAKANNYA

MENGENAL TANAMAN - TANAMAN PENYEMBUH HIPERTENSI DAN CARA MENGGUNAKANNYA

         Hipertensi dikenal dengan Silent Killer, karena penyakit ini tidak menunjukkan gejala-gejala yang spesifik sehingga penderitanya tidak tahu bahwa mereka mengidap penyakit ini sampai terjadi komplikasi yang serius seperti stroke. Penderita hipertensi hanya bisa mengetahui bahwa mereka mengidap penyakit tersebut hanya dengan cara memeriksakan tekanan darahnya.

         Pengobatan hipertensi selain menggunakan obat sintesis juga dapat menggunakan obat tradisional menggunakan tumbuh-tumbuhan. Adapun obat tradisional yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah yaitu:

MENGENAL TANAMAN - TANAMAN PENYEMBUH HIPERTENSI DAN CARA MENGGUNAKANNYA 

1.      Seledri (Apium graveolens, L)

      Seledri selain digunakan sebagai penyegar masakan juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Seledri mempunyai kandungan gizi yang banyak seperti kalsium, kalium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan apilin.

        Kandungan kimia dari seledri yang berfungsi dalam menurunkan tekanan darah yaitu Apilin. Mekanisme dari apilin yaitu sebagai diuretik, yaitu dengan cara membantu kerja ginjal dalam mengeluarkan cairan dan garam dari dalam tubuh. Berkurangnya cairan dalam darah akan menurunkan tekanan darah.

Caranya:

        Ambil daun seledri secukupnya kemudian dicuci sampai bersih. Setelah itu seledri diperas dengan air masak, dan disaring. Diminum tiga kali sehari 2 sendok makan dan dilakukan secara teratur.

2.      Mengkudu (Morinda citrifolia L)

        Mengkudu mempunyai kandungan kimia scopoletin dan xeronine yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Mekanisme kerja dari Scopoletin yaitu sebagai vasodilator yaitu dengan cara merelaksasikan otot polos vaskuler sehingga tekanan darah arteri menurun dan  tekanan darah pun juga menurun. Selain itu kandungan xeronine dari mengkudu mempunyai efek diuretik yang juga mempunyai mekanisme kerja dalam menurunkan tekanan darah.

Caranya:

        Siapkan 2 buah mengkudu yang sudah masak dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu kemudian diperas dan diambil airnya. Setelah itu dicampur dengan madu dan diminum.

3.      Daun Alpukat (Persea Americana Mill)

         Daun alpukat mempunyai  kandungan kimia flavanoid dan saponin. Kedua kandungan kimia ini mempunyai efek dalam menurunkan tekanan darah. Flavanoid mempunyai mekanisme kerja dengan cara menghambat ACE (Angiontensin Converting Enzym) dengan menghambat kerja ACE maka tidak akan terjadi perubahan angiotensin  I menjadi Angiotensin II, yang menyebabkan vasodilatasi sehingga tahanan perifer turun dan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu Saponin juga bekerja sebagai diuretic untuk menurnkan tekanan darah yaitu dengan cara menurunkan volume plasma yaitu dengan mengeluarkan air dan natrium.

Caranya:

        Siapkan 3 lembar daun alpukat kemudian dicuci samoai bersih. Setelah itu diseduh dengan 1 gelas air panas, dan didiamkan sampai dingin. Setelah dingin baru diminum.

4.      Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L)

      Daun belimbing wuluh mempunyai mekanisme dalam menurunkan tekanan darah melalui mekanismenya mengurangi jumlah air dalam plasma darah dengan cara mengeluarkannya sebagai urine.

Caranya:

            Ambil daun belimbih wuluh kemudian dicuci sampai bersih. Setelah itu direbus hingga mendidih dan air tersisa setengahnya, kemudian disaring selagi hangat dan minum dua kali sehari setelah makan.

5.      Bawang Putih (Allium sativum L)

        Bawang putih mengandung senyawa Alisin yang dapat mengganggu terbentuknya kolesterol. Apabila kolesterol tidak terbentuk maka pengerasan pembuluh darah dapat dicegah. Sehingga pembuluh darah tetap lentur dan tekanan darah tidak naik. Selain itu bawang putih mengandung sulfur yang mempunyai manfaar untuk mengurangi lemak dalam darah dan membantu untuk mengatur tekanan darah.

Caranya:

           Ambil 2 sampai 3 siung bawang putih kemudaian dikupas dan dicuci sampai bersih. Kemudian dikunyah, lalu ditelan sambil minum air hangat. Lakukan 3 kali sehari.

       Perlu diketahui penyembuhan hipertensi tidak akan maksimal jika penderita tidak mengubah gaya hidupnya. Penderita hipertensi harus menghindari faktor penyebab hipertensi dengan cara pengaturan pola makan, menghindari alcohol, rokok dan mengurangi konsumsi garam yang berlebihan dan berolahraga secara teratur. Selain itu penderita harus rajin memeriksakan tekanan darahnya.

                                                                                          By Innah Hanur 

47 comments: Leave Your Comments

  1. wih, tanamannya tidak di duga duga ternyata manfaatnya banyak,

    ReplyDelete
  2. Mantap Gan Infonya... Cocok Buat Saya.

    ReplyDelete
  3. ijin bookmark gan, siapa tau suatu saat bermnafaat

    ReplyDelete
  4. kalau saya pilih seledri aja deh gan, yg gampang di dapatkan

    ReplyDelete
  5. mengkudu yang terbaik menurut saya karena Pada Penelitian NCCAM mencakup studi tentang buah mengkudu untuk kanker, menentukan keamanan dan potensi dampak pada tumor dan gejala, serta studi laboratorium efek mengkudu pada sel-sel kanker prostat.

    ReplyDelete
  6. ternyata tanaman-tanamannya mudah didapat dan berada disekitar kita ya.....thanks informasinya gan...

    ReplyDelete
  7. Obat itu ada dskitar kita dan itu semua alami

    ReplyDelete
  8. Ternyta banyak juga yah gan tanaman penyembuh semacam itu. Semoga saja dengan artikel agan ini akan banyak yang sadar akan pentingnya semua tanaman ini

    ReplyDelete
  9. Gak nyangka kalo bawang putih termasuk tanaman Penyembuh ..

    ReplyDelete
  10. artikel yang begitu bermanfaat, kalau ane pernah coba yang mengkudunya

    ReplyDelete
  11. sangat bangus dan bermanfaat gan,jadi lebih kenal tanaman2 yang bisa menyembuhkan

    ReplyDelete
  12. teenyata banyak sekali tanaman di sekitar yang kita tidak tau manfaat nya, sekarang kita menjadi tau

    ReplyDelete
  13. Ternyata disekitar kita banyak tanaman yg bisa menyembuhkan. Terimakasih atas artikelnya cukup bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. makasih sob artikelnya sangat bermanfaat bagi orang banyak :)

    ReplyDelete
  15. saya udah mencobanya gan, dan lumayan ada efeknya, makasih infonya gan

    ReplyDelete
  16. wah ternyata mengkudu bermanfaat juga ya. padahal ga enak

    ReplyDelete
  17. Wahh sangat bermanfaat juga yah..

    ReplyDelete
  18. tanaman penyembuh herlbal tentunya tanpa efek samping

    ReplyDelete
  19. dan saya pernah membaca artikel tentang bawang, bawang itu sendiri bisa menghambat kemrosotan otak dan sistem kekebalan tubuh, menghambat penuaan dan masih banyak lagi.

    Banyak sekali manfaat manfaat dari bawang itu sendiri, jadi banyakin makan bawang mas minta ibu di dapur biar unyu unyu terus wkwkwkwk

    ReplyDelete
  20. Yang baru ane coba tuh daun belimbing wuluh (belimbing besi), manfaatnya bener berasa banget, darah nyokab ane 165 terus minum air dari daun belimbing wuluh yang di rebus. pas minggu besoknya, darah nyokab ane turun jadi 135.
    Oh iya katanya si daun yang di rebus harus ganjil, misalkan 7 ranting atau 9 ranting

    ReplyDelete
  21. waaah . ga nyangka banget .
    pedahal banyak banget tanaman yang bisa di bikin obat ..
    tq gan . nice info

    ReplyDelete
  22. pdahal buah yang sering kita temui, tp jarang bgt orang2 tau kasiatnya..

    ReplyDelete
  23. mengkudu juga iya ternyata eheh mksh

    ReplyDelete
  24. kalo cuma tanaman di atas di daerah ane banyak ganz jadi tau nih :D thanks infonya ganz minta doanya agar cepat sembuh

    ReplyDelete
  25. wahhh banyak bngett manfaat buah dan daun ini ya gann
    by sobat blogger

    ReplyDelete
  26. dulu temen ane pake mengkudu alhamdulliah sembuh..ehh teryata ada yang lain juga

    ReplyDelete
  27. Lumayan gan ilmunya, soalnya ortu ane juga punya penyakit gini tp sering minum rebusan mengkudu

    ReplyDelete
  28. Keren, sangat berguna ini bagi kesehatan, dan jadi lebih mengenal dekat juga dengan tanaman-tanaman herbal ini.. :)

    ReplyDelete
  29. Yang beginian memang berkhasiat, selain menjaga kesehatan juga bisa mengobati :D

    ReplyDelete
  30. kalau ane ering makan mengkudu itu gan tapi dirujak sama gula merah maknyuss gan

    ReplyDelete
  31. Wah, tidak menyangka bila bawang putih juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Nice info nih. :)

    ReplyDelete
  32. ijin keep infonya gan, pasti suatu saat butuh info ini. tapi utk mengkudu bukanya mengkudu beracun ya gan?

    ReplyDelete
  33. Itu buah sirsak atau jambu di fotonya ?

    ReplyDelete
  34. trnyta buah ini brmanfaat jgx ya, tpii ane gk suka rsa dan bau nya gan :D

    ReplyDelete
  35. Thanks infonya, menambah pengetahuan saya tentang tanaman herbal

    ReplyDelete