TERBARU
Loading...

CARA MENGATASI LIDAH KAKU (BELIBET) SAAT TAMPIL DEPAN UMUM

CARA MENGATASI LIDAH KAKU (BELIBET) SAAT TAMPIL DEPAN UMUM


Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya tampil berbicara sendiri di depan umum mau itu diasaat yang disengaja ataupun tidak. Dan ketika itu terjadi kita pasti sudah tidak asing lagi dengan peristiwa "Lidah Kaku" atau yang dikenal dalam masyarakat dengan istilah "Belibet". Belibet adalah sebuah peristiwa yang normal dialami oleh setiap orang yang berusaha tampil di depan umum. Biasanya peristiwa ini didasari oleh beberapa faktor dan itu tergantung dari keadaan masing - masing individu.

Menurut kamus besar bahasa indonesia lidah kaku atau belibet adalah semacam gejala sukar mengucapkan (melafalkan) kata-kata. Bentuknya itu seperti saat sedang berbicara pelaku sakan-akan beribacara secara terburu-buru dengan nada yang tidak terlaly besar ataupun kecil dan dengan pengucapan yang tersendat-sendat. Namun perlu anda ketahui bahwa cara bicara sepeerti ini aalah bukan cara bicara gagap. Gagap berbeda dengan belibet.
Menurut para ahli Gagap adalah suatu gangguan berbicara dimana aliran bicara terganggu tanpa disadari dengan indikasi pengulangan dan perpanjangan suara, tersendatnya pengucapan kata - kata atau rangkaian kalimat. Suku kata atau frasa serta jeda atau hambatan yang tak disadari mengakibatkan gagalnya produksi suara. Biasanya peristiwa ini terjadi bukan hanya ketika berbicara di depan umum melainkan ketika berbicara dalam kehidupan keseharian. Sedangkan belibet hanya akan terjadi ketika seseorang sedang ingin tampil depan umum ataupun jika sedang dalam saat-saat tertentu.

Bagaimana, sudah jelas dengan teorinya ?, mari kita beralih ke pemecahan masalahnya.


Contoh Lidah Kaku 
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=MR6fbe3YeFs

CARA MENGATASI LIDAH KAKU (BELIBET) SAAT TAMPIL DEPAN UMUM


          1. Olahraga Rahang


Biasanya dampak terfatal dari belibet adalah susahnya bergerak rahang kita dalam berbicara. Secara harfiah jelas tidaknya terucap suatu kata bukan hanya ditentukan oleh volume suara, penempatan lidah dan pergerakan bibir. Melainkan rahang juga berperan penting disitu. Coba anda perhatikan anda pasti tidak akan bisa mengucapkan huruf "A" jika rahang anda tidak terbuka lebar. Anda pasti tidak akan bisa berteriak kencang jika rahang anda kaku sulit untuk digerakkan. itulah mengapa olahraga rahang menjadi sangat penting untuk dilakukan.

          Pemecahan masalah


Sebenarnya olahraga rahang dapat anda lakukan kapanpun dan dimanapun anda berada. Gerakannya juga tidak sulit cukup dengan mengucapkan huruf vokal sambil membuka rahang anda selebar mungkin sampai anda merasakan ada sesuatu yang meregang atau tertarik dibagian rahang anda. Waktu yang paling tepat untuk melakukan ini adalah disaat pagi ketika anda baru saja bangun tidur.

          2. Membaca secara perlahan


Masih sedikit orang - orang diluar sana yang mengetahui bahwa membaca secara perlahan dapat mengatasi lidah belibet. Jujur saya sendiri tidak mengetahui teori ini berasal dari mana, namun jujur teori ini memang benar dalam pembuktiannya. Dalam kehidupan sehari - hari kita selalu dituntut untuk berbicara cepat dan jelas kepada orang lain. Namun ada juga kasus dimana orang yang berbicara terlalu cepat pelafalan katanya juga kurang jelas. Saya punya teman cara bicaranya seperti itu soalnya. Tapi ada juga orang yang cara bicaranya cepat dan jelas tapi selalu di iringi dengan nada tinggi, itu biasanya cara bicara pacar ane kalo lagi marah huhuhu.

          Pemecahan Masalah


 Bacalah Segala hal mau itu koran, buku, majalah, sampai tulisan di belakang shampoo. Bacalah secara perlahan namun dengan pelafalan kata yang jelas. Tidak perlu dengan nada keras tapi sebenarnya makin keras nadanya makin bagus. Kalau bisa bacalah dengan nada keras dan rahang yang terbuka lebar dengan begitu anda akan membiasakan lidah anda untuk memperjelas pelafalan suku kata. Lakukan sesering mungkin agar anda terbiasa. Ingat bacalah dengan nada standar atau tinggi jangan dengan nada rendah karena membaca dengan nada rendah hanya dilakukan oleh orang - orang yang membaca cerita dewasa.

          3. Latihan berbicara depan cermin


Carilah suatu bahan untuk dibicarakan, kalau pemimpin pasti akan membawa bahan pidatonya, kalau ustadz akan membawa bahan ceramahnya, kalau stand up comedian akan membawa materi stand upnya. Carilah bahan anda sendiri atau buatlah bahan itu. Dan bawalah bahan anda tersebut kedepan cermin setelah itu mulailah berbicara. Awal anda berbicara mungkin anda akan merasakan lidah anda belibet atau kaku sehingga cara bicara anda pun tidak jelas. Tapi percayalah kalau hal itu akan hilang jika anda terus melatih diri anda.

          Pemecahan Masalah


"Praktice make us perfect" itulah inti dari point no 3 ini. Dengan berlatih berbicara di depan cermin anda bukan hanya melatih diri anda berbicara tapi anda juga otomatis akan latihan improvisasi, pengaturan nada bicara, pendalaman kata, serta pembentukan expresi saat berbicara.

          4. Mempersiapkan materi/bahan


Untuk bisa tampil berbicara depan umum tentunya anda pasti ingin membicarakan sesuatu. Nah biasanya belibet itu terjadi jika anda tidak mempersiapkan bahan/materi pembicaraan anda. Jika anda adalah seorang public speaking profesional saya kira itu bukanlah suatu masalah yang besar. Anda tinggal berimprovisasi di atas panggung dan semua masalah selesai. Tapi untuk anda yang pemula saya sarankan harus buat materi.

          Pemecahan Masalah


Pikirlah baik - baik ke apa yang ingin anda bicarakan fokuslah ke hal itu. Gunakan bahasa sesimple mungkin agar orang lain mudah mengerti dengan apa yang anda ucapkan. Jangan pernah mencoba untuk meniru dialeg orang - orang yang anda lihat di youtube. Jika anda tinggal sedaerah dengan dia silahkan, tapi jika tidak sebaiknya jangan. berbicara disuatu daerah dengan dialeg daerah lain itu ibarat anda berbicara di negeri cina sedangkan anda sendiri berasal dari planet pluto. Tidak Nyambung. Kecuali jika anda adalah seorang public speaking profesional mungkin tidak papa, dan apabila anda adalah seseorang yang memang berasal dari suatu daerah sehingga memiliki dialeg yang kental dengan daerah itu saya kira juga bisa dimaklumi. Tapi jika anda adalah seorang pemula dan ingin mencoba hal itu saya sarankan sebaiknya jangan karena kemungkinan gagal anda besar dan jika gagal anda hanya akan menjadi bahan cemooh orang lain.

Jika anda sudah punya bahan dan sudah latihan, berarti sudah saatnya anda mencoba kemampuan anda. Janganlah pikirkan kegagalan yang anda akan peroleh, tapi fokuslah ke keberanian anda untuk memulai. Anda juga tidak akan mengetahui diri anda gagal atau tidak jika anda belum mencoba bukan ?. 

21 comments: Leave Your Comments

  1. Makasih infonya gan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. terimakasih sudah share infonya.
    mudah di pahami dan cukup lengkap artikelnya.
    Informasi Seputar Kucing | Mania Kucing
    The Portal of Technology
    Blog IT

    ReplyDelete
  3. bagus tipsnya untuk public speaking :v harus PD

    ReplyDelete
  4. Memang lidah kaku itu disebabkan gugup jadinya gagap. Secara kasusnya harus dibiasakan, karena banyak orang yang menganggapnya mudah tapi pada prakteknya.

    Ketika saya mengajar dikelas, saya sekali-kali suka menguji keberanian mereka dengan menerangkan apa yang udah saya sampaikan kemudian dia langsung merinding. Ga sedikit yang mampu malah mending ga punya nilai pak.

    Nyatanya, perlu dibiasakan untungnya saya udah terbiasa semula jadi guru mudah-mudahan nanti bisa menjadi motivator nasional. Mohon doa mas. Sedang mengikuti proses.

    ReplyDelete
  5. mantap tipsnya.. bisa dicoba.. thanks

    ReplyDelete
  6. tipsnya bagus gan buat yang masih suka susah bicara di depan umum

    ReplyDelete
  7. cocok buat Saya yang selalu canggung didepan umum :3 , Thans gan :)

    ReplyDelete
  8. Ane jg kayak gitu gan pemalu bnget jd kaku lidahnya kalau mau ngomong

    ReplyDelete
  9. ane jg sering bgt gitu gan, entah itu bawaan apa bukan ya hehe

    ReplyDelete
  10. Wah boleh juga nih, tetapi kalau berbicara depan cermin saya malah ketawa sendiri gan :D

    ReplyDelete
  11. Sangat membantu gan, apalagi saya gagap kalo di dpan public

    ReplyDelete
  12. latihan membaca cermin :O
    cara ini boleh dicoba nih gan hehehe
    makasih banyak ya

    ReplyDelete
  13. video nya lucu,
    bagus nih buat presentasi ke depan biar ga gugup

    ReplyDelete
  14. thanks atas info mengatasi lidah kaku berbelit belit. sangat membantu . ditunggu postingan terbaru nya :D

    ReplyDelete
  15. terim kasih tipsnya gan, semoga aja pas nanti nikahan bisa lebih baik dari vidio yang ada di atas :D gokil :D

    ReplyDelete
  16. Langsung praktekin Gan. Besok jadi MC Acara Isra mi'raj :D

    ReplyDelete