TERBARU
Loading...

CARA MELAKUKAN IMPROVISASI SAAT MENGALAMI BLANK JIKA SEDANG TAMPIL DI DEPAN UMUM

CARA MELAKUKAN IMPROVISASI SAAT MENGALAMI BLANK JIKA SEDANG TAMPIL DI DEPAN UMUM

            Peristiwa blank aalah jenis peristiwa yang paling ditakuti oleh orang yang berprofesi sebagai pembicara ditempat umum. Ada satu hal yang bisa kita gunakan untuk mengatasinya yaitu dengan cara berimprovisasi. Namun perlu diperhatikan kalau melakukan improvisasi itu tidak gampang. Perlu beberapa cara untuk melakukannya dan setiap orang pasti memiliki cara yang beda-beda untuk melakukannya. Berikut ini beberapa cara yang sering saya gunakan untuk melakukan improvisasi saat mengalami blank jika sedang tampil di depan umum.

CARA MELAKUKAN IMPROVISASI SAAT MENGALAMI BLANK JIKA SEDANG TAMPIL DI DEPAN UMUM

1. Perhatikan Sekitar

            Ini adalah salah satu cara yang umum dipakai, memperhatikan sekitar adalah jalan yang bisa kita tempuh ketika kita mengalami Blank. Dengan cara memperhatikan sekitar anda akan mendapatkan bahan untuk dibicarakan sambil anda bisa mengulur waktu untuk mengingat kembali materi anda. Namun perlu di ingat kalau untuk melakukan cara ini anda harus peka untuk melihat dan menilai apa yang salah dari apa yang sedang anda perhatikan. Biasanya jika anda telah menemukannya dan telah membicarakannya penonton akan merasa setuju dengan anda dan mungkin bisa membukakan jalan untuk anda untuk mengarahkan pembicaraan ke materi anda.

2. Tenang

            Tetaplah tenang jangan panik. Kepanikan akan membuat Blank yang kita alami makin parah dan jika anda terus melakukannya maka yakin dan percaya bahwa anda hanya akan mempermalukan diri anda. berpikirlah tenang dan santai sambil memperhatikan sekitar insyallah anda akan menemukan bahan untuk dibicarakan.

3. Berani

            Ini kadang menjadi kelemahan pemula. Keberanian masih belum mereka miliki sehingga untuk memperhatikan sekitar dan mencari bahan untuk dibicarakan pun takut. Tapi tenang saja hal ini akan hilang dengan sendirinya jika anda telah memiliki jam terbang yang banyak.

4. Berimajinasi

            Berikanlah imajinasi terhadap benda ataupun sesuatu yang anda dapat disekitar anda. Usahakan penonton bisa mengerti dan kemudian masuk kedalam imajinasi anda sehingga anda pun nyaman untuk membahas benda ataupun sesuatu tersebut. Akan tetapi untuk yang satu ini pasti akan sangat sulit dilakukan bagi anda yang masih kurang latihan dan jam terbang.

5. Perbanyak latihan dan jam terbang

            Nah diantara semua cara sebelumnya inilah yang paling penting. Latihan membentuk kesempurnaan dan jam terbang bisa memberikan pengalaman. Dengan memperbanyak latihan dan jam terbang maka anda pasti akan mengalami banyak kesempurnaan dan pengalaman berharga. Dan jika anda sudah mendapatkan itu semua maka percayalah untuk melakukan improvisasi pun akan menjadi mudah.


14 comments: Leave Your Comments

  1. Terima kasih atas tipsnya, bermanfaat banget hehehe

    ReplyDelete
  2. banyak caranya tapi ttp susah dilakuin gan hheehhe

    ReplyDelete
  3. tipsnya sangat berguna gan ,, Kelihatanya iya mudah gan tapi sulit dilakukan :)

    ReplyDelete
  4. haha, tapi susah kalo sudah didepan gan

    ReplyDelete
  5. Gw bgt ni kl masalah gak pd, thanks infonya brmnfaat bgt!

    ReplyDelete
  6. kelihatannya mudah dan tapi kalo di lakukan sulit, Nice post

    ReplyDelete
  7. thanks gan, kebetulan gua ketua kelas jadi sering tampil di depan umum

    ReplyDelete
  8. saya sering blank saat di depan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Percaya diri dan harus yakin :)

    ReplyDelete
  10. Hampir semua orang sih kayanya suka blank kalo lagi di depan umum
    Sangat membantu banget

    ReplyDelete
  11. tipsnya bermanfaat sekali, klw boleh buat artikel yg lain ttg mengatasi demam panggung.

    ReplyDelete
  12. tenang yg plinga pentg mnurut saya gan, nice jgx tips nya :)
    Kata kata Bijak

    ReplyDelete
  13. nice tips nya gan , boleh juga tuh

    ReplyDelete