Dalam dunia kerja kejujuran itu penting, tidak peduli hal yang besar atau kecil
sekalipun. Saya mungkin sering mengatakan kalau kejujuran adalah barang yang
mahal. Well itu juga berlaku di lingkungan kerja kantoran. Seorang pegawai yang
jujur adalah pegawai yang di inginkan oleh setiap perusahaan. Semua orang
mungkin bisa bekerja tapi dia belum tentu bisa jujur.
BACA JUGA : CARA MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT
Pegawai yang jujur
juga pasti akan memiliki tempat yang spesial di hati dan pikiran atasannya.
Akan tetapi untuk mendapatkannya juga tidak lah mudah. Tapi apakah anda percaya
kalau kejujuran itu dapat dibentuk ?. Dengan cara menerapkan kejujuran dalam bekerja
karyawan anda mungkin akan berubah menjadi pribadi yang jujur. Berikut ini
ulasan tentang cara menerapkan kejujuran pada karyawan.
CARA
MENERAPKAN KEJUJURAN PADA KARYAWAN
1.
Berikan contoh
Sebagai pemimpin perusahaan anda harus memberikan contoh yang baik kepada
karyawan anda. Bagaimanapun bentuknya itu. Memberikan contoh perilaku jujur
kepada karyawan tentunya akan menjadikan diri anda sebagai tolak ukur dalam
kehidupan sehari - hari mereka bekerja kantoran. Maka dari itu berikanlah
contoh perilaku jujur kepada mereka. Bayangkan jika anda sebagai pemimpin
perusahaan berperilaku tidak jujur kepada karyawan anda, memang awalnya tidak
akan menimbulkan dampak apa - apa tapi lama kelamaan akan memberikan dampak
yang sangat fatal kepada anda dan perusahaan anda.
2.
Berikan penghargaan
Jika anda mendapati seorang karyawan yang bekerja secara jujur dalam lingkungan
kantor anda, sebaiknya jangan anda biarkan begitu saja. Berikanlah penghargaan
yang menurut anda cocok untuk dia terima. Tidak usah mewah yang penting
berkesan untuk dia. Karena dengan begitu sang karyawan akan mengingat kalau
perusahaan anda adalah jenis perusahaan yang sangat menghargai orang jujur
sehingga dia pun makin betah untuk bekerja kepada anda.
3. Hukum
seberat-beratnya pelaku kebohongan
Nah inilah yang kadang diabaikan oleh seorang pimpinan perusahaan. Jika anda
mendapati seorang karyawan anda berbohong dalam pekerjaan tidak peduli itu
bohong kecil ataupun besar, hukum dia. Berikan hukuman yang sesuai dengan
perilakunya. Jika dia berbohong kecil maka berikan hukuman ringan, jika dia
berbohong besar sampai memberikan dampak ke perusahaan anda, langsung pecat
saja dia jangan kasihani. Kalau perlu tarik kembali semua gaji yang telah anda
berikan kepadanya. Biar dia rasakan kalau anda adalah orang yang tegas dan
sangat membenci kebohongan. Jika anda menganggap cara yang satu ini terlalu
kasar, saya tekankan bukan soal kasarnya yang saya maksud tapi pesan dan kesan
di baliknya itu yang penting.
4. Jangan
Memilih - milih
Yang satu ini saya kira yang paling sering terjadi. Memilih - milih karyawan
dari dulu sampai sekarang memang tidak ada manfaatnya. Malah hanya akan
menimbulkan masalah. Jika anda memiliki kerabat atau teman yang bekerja dibawah
anda, perlakukan dia selayaknya karyawan pada umunya. Jangan membedakan sikap
anda terhadap dia dengan sikap anda terhadap karyawan lainnya. Pokoknya pukul
sama rata. Walaupun itu kerabat anda tapi anda harus tegaskan kalau dia kerja
di bawah anda. Dia harus profesional dalam bekerja. Apa kata karyawan lain jika
anda membedakan sifat anda terhadap dia dengan sifat anda ke karyawan lainnya.
Jika anda mendapati dia melakukan kebohongan hukum dia selayaknya anda menghukum
karyawan anda lainnya. Supaya semua karyawan anda menganggap kalau anda adalah
sosok yang selalu profesional dalam bekerja.
BACA JUGA : CARA MEMANAGE PENGHASILAN
5. Terapkan keadilan
Jangan pernah bertindak tidak adil kepada karyawan anda. Karena itu hanya akan
menambah parah masalah. Bersikap lah adil kepada semuanya dalam hal apapun itu.
Dalam penerapan kejujuran juga anda harus melakukan ini, agar anda akan
mendapat kesan tegas dari karyawan anda dan mereka pun menjadi takut untuk
berbuat macam - macam apalagi untuk melakukan kebohongan dalam perusahaan
anda.
sangat bermanfaat
ReplyDeleteby cooling
bisa jicoba nih, thanks gan infonya
ReplyDeletejelas penjelasannya nih.... mudah dipahami.. thanks infonya gan...
ReplyDeleteTips yang bermanfaat. Akan segera dicoba makasih
ReplyDeletemantap bro sangat jelas.
ReplyDeletemantapp banget
ReplyDeletepemberian award lumayan ampuh gan
ReplyDeletekayaknya penulis artikel ini bakalan jadi bos besar :) amiiin, sangat setuju dengan artikel ini. tampilan blognya nyaman, dan simple.
ReplyDeletewes keren ini mas info nya
ReplyDeleteMantap Boss...
ReplyDeletebener tuh gan klo ada yg salah langsung hukum aja
ReplyDeletebenar sekali peraturan harus tegas agar karyawan berbuat jujur terus :)
ReplyDeletenice
ReplyDeletebisa saya terapkan buat para karyawan.. berikan contoh yg utama yah.. :)
ReplyDeleteHukumannya jangan terlalu berat, Jangan Terlalu ringan
ReplyDeletenice gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali bagi saya dan semoga menjadi terdepan :D
ReplyDeletesebetulnya kalau karyawan jujur tergantung bos yang mendidiknya. kalau dibiasakan bohong ke mitra, ya sama saja karyawan juga bisa bohong kan..( wong bosnya juga bohongin mitra ) :D hehehe
ReplyDeleteBener banget itu mas
ReplyDeleteBner bget nih mas , sperti yang anda tlis dsni, nnti klo saya pnya kantor mau nyoba tips ini, heheheh
ReplyDeletenice post bang.. sebagian post nya pernah saya dapatkan di mata kuliah azas-zas manajemen
ReplyDelete