TERBARU
Loading...

MENGENAL PENYAKIT DBD (DEMAM BERDARAH DANGUE) DAN CARA PENCEGAHANNYA

MENGENAL PENYAKIT DBD (DEMAM BERDARAH DANGUE) DAN CARA PENCEGAHANNYA
                  Demam berdarah dangue merupakan penyakit yang paling banyak ditemukan di daerah tropis. Penyakit ini sangat popular pada saat musim penghujan, karena nyamuk penyebar virus dangue dapat hidup pada suhu yang relative rendah dan kelembapan udara yang tinggi. Hal itulah yang menyebabkan penyakit ini lebih popular pada saat musim hujan dibanding musim kemarau.

      DBD adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dangue yang masuk kedalam tubuh melalui perantara nyamuk Aedes aegypti. Virus dangue menyebabkan berkurangnya kadar trombosit pada manusia. Dan apabila tidak segera diobati dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah kapiler sehingga menyebabkan kematian.

           Penularan DBD terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina yang telah membawa virus dangue dari penderita lainnya. Virus yang masuk kedalam tubuh nyamuk melalui darah yang telah diisap oleh nyamuk tersebut. Dalam tubuh nyamuk virus dangue akan masuk ke saluran pencernaan dan berkembang biak. Setelah itu virus akan berpindah menuju kelenjar air liur dan siap untuk ditularkan kembali. Fase ini berlangsung selama 7 sampai 14 hari dan disebut sebagai masa inkubasi.

            Didalam tubuh manusia virus akan berinteraksi dengan trombosit sehingga menyebabkan jumlah trombosit menurun. Selain itu virus dangue juga menyebabkan permeabilitas pembuluh darah meningkat sehingga sebagian dari komponen cairan darah dan sel darah putih ke luar ke jaringan tubuh. Peristiwa tersebut  yang menyebabkan saat pemeriksaan darah ditemukan penurunan jumlah trombosit dan penurunan jumlah sel darah putih dan peningkatan konsentrasi sel darah akibat berkurangnya cairan darah ke jaringan.

            Akibat dari penurunan trombosit, penderita infeksi dangue akan mengalami gangguan pembekuan darah sehingga sering muncul bintik merah dikulit. Selain itu penderita rentan mengalami perdarahan seperti mimisan.

MENGENAL PENYAKIT DBD (DEMAM BERDARAH DANGUE) DAN CARA PENCEGAHANNYA

1. Tanda dan Gejala

            Awalnya penyakit ini ditandai dengan munculnya demam secara tiba-tiba yang disertai sakit kepala yang berat, sakit pada sendi, otot dan  muncul ruam atau bintik. Ruam demam berdarah mempunyai ciri-ciri berwarna merah terang, petekial dan biasanya muncul dulu pada bagian bawah badan.  Pada beberapa pasien, ruam menyebar hampir di seluruh tubuh. Ruam atau bintik merah tidak akan hilang apabila kulit ditekan atau diregangkan. Biasanya juga muncul radang perut, rasa mual, muntah, diare pilek ringan yang disertai dengan batuk.

2. Pertolongan Pertama DBD

            Pertolongan pertama untuk DBD yaitu dengan mengompres supaya demamnya turun, memberikan air minum yang banyak, dan memberikan obat penurun panas seperti paracetamol. Dan jika demam penderita tak kunjung turun atau malah naik selama 3 hari berturut-turut, sebaiknya segera konsultasi kedokter. Karena banyak penderita mengalami kondisi yang lebih fatal karena telah mengabaikan gejala-gejala tersebut.

3. Penanganan

            Tidak ada perawatan yang khusus untuk demam berdarah. Adapun obat-obat yang diberikan hanya untuk meringankan demam dan rasa sakit. Untuk itu penderita sebaiknya segera dirawat dan dijaga jumlah cairan tubuhnya.

4. Pencegahan

            Untuk saat ini belum tersedia vaksin secara komersial untuk demam berdarah, karena itu pencegahan yang terbaik yaitu untuk menghindari gigitan nyamuk dan menghapuskan atau mengurangi vector nyamuk demam berdarah.

Hal-hal yang harus dilakukan supaya terhindar dari demam berdarah yaitu:
-         Dengan melakukan 3 M yaitu menguras bak mandi dan tempat penampungan air sekali sepekan. Menutup dengan rapat tempat penampungan air segera setelah dibersihkan. Dan Mengubur barang yang tidak terpakai lagi.
-         Dengan memelihara ikan kecil pemakan jentik nyamuk dan bakteri.
-         Dengan melakukan pengasapan atau fogging untuk membunuh nyamuk dewasa.
-         Memasang kawat anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah.
-         Dengan menaburkan bubur abate pada tempat yang tergenang air untuk membunuh jentik nyamuk
-         Mengenakan pakaian yang bisa melindungi kita dari gigitan nyamuk
-         Menggunakan lotion anti nyamuk yang mengandung DEET (N-diethylmeraloluamide)

                                                                                    By Innah Hanur


48 comments: Leave Your Comments

  1. Wah lengkap banget nih , makasih gan izin bookmark blog agan

    ReplyDelete
  2. untung ane belom pernah kena penyakit ini

    ReplyDelete
  3. Selain piara ikan apa lagi yang bisa dipakai buat bunuh nyamuk?

    ReplyDelete
  4. Serem juga yah.. Apalagi sekaramg ujan lg gak berhenti2 di kota gw..

    ReplyDelete
  5. makasih sob, sekarang jadi tau gimana cara pencegahannya :)

    ReplyDelete
  6. Menurut ane malah kalau di-fogging akan bikin nyamuk bermutasi dan tambah kuat.

    Mending menanam tumbuhan yang tidak disukai nyamuk.

    ReplyDelete
  7. wah info nya bermanfaat bgt nih,, jadi tau sya ms brow

    ReplyDelete
  8. Makasih infonya gan.. Ane jadi tau.. Nice artikel

    ReplyDelete
  9. nice info gan buat nambah wawasan :)

    ReplyDelete
  10. yang saya takutkan adalah obatnya mahal

    ReplyDelete
  11. Wihjangan sampai dah kena DBD

    ReplyDelete
  12. Sekarang sudah masuk musim hujan lagi makin serem banget kalo udah tau DBD seperti ini

    ReplyDelete
  13. WAhhh infonya bermanfaat sekali gan :D , makin tambah ilmu ane gan :D

    ReplyDelete
  14. penyakit mengerikan gan.. kalau ga segera ditangani bahaya dah gan bisa .co.id :D

    ReplyDelete
  15. Thx gan jadi tau tentang DBD lebih dalam

    ReplyDelete
  16. di daerah ane lagi musim ini nih gan, nice post

    ReplyDelete
  17. sangat bermanfaat , untuk orang2 yang belum pernah kena.

    ReplyDelete
  18. wah nice info gan, harus waspada terhadap penyakit yg satu ini, apalagi sekarang udah mulai musim penghujan, harus jaga kebersihan..

    ReplyDelete
  19. wah bagus nih ...klo saya dirumah pakai jaring besi jadi ndak ada nyamuk masuk

    ReplyDelete
  20. Cara Lain Menangani ,Pernah Denger Soalnya , Cara Menetralisir Nya Dengan Mengkonsumsi Jambu Merah
    Soal Nya Temen Pernah Kena DBD :)

    ReplyDelete
  21. infonya sangat bermanfaat nih mas.. apalagi ini sudah masuk musim penghujan... harus bisa mencegah penyakit dbd... terima kasih infonya...

    ReplyDelete
  22. Bagus buat jaga jaga musim hujan

    ReplyDelete
  23. infonya bermanfaat gan, thanks harus jaga diri dan kebersihan.

    ReplyDelete
  24. ngeri sekali ya dengan penyakit demam berdarah, terima kasih infonya

    ReplyDelete
  25. thanks gan nambah wawasan (y) lanjutkan

    ReplyDelete
  26. saran untuk yang terkena DBD utk pertolongn pertama??
    kadang kita g tau hrs gmn,..

    By dedi mekanikmitsubishi

    ReplyDelete
  27. Tahun ini vaksinnya sudah ada ..semoga segera masuk indonesia ya.

    ReplyDelete
  28. Wew.. ngeri juga ya... dlu pernah ada yang sampao meninggal juga kan.. ngeri dah..

    ReplyDelete
  29. kawan ane lagi dbd.makasih gan tipsnya

    ReplyDelete
  30. Makasih infonya buat gejala gejalanya kak

    ReplyDelete
  31. mantab gan artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
  32. thanks gan jadi tambah tahu nih

    ReplyDelete
  33. Kenapa ya padahal didesa ane juga banyak bak mandi jorok, berbeda dengan daerah lainnya tapi nyamuknya tambak desa lainnya?

    ReplyDelete
  34. bagus infonya menmbah pengetahuan..

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah, Syukur saya belum pernah DBD

    ReplyDelete
  36. saya kok ngeri mas ngeliat gambarnya. tapi ini info yang sangat bermanfaat apalagi akhir2 ini ada dua orang di sekitar saya yang kena dbd

    ReplyDelete
  37. terima kasih gan, artikel nya sangat bermanfaat di tambah dengan cara pencegahan dbd nya

    ReplyDelete
  38. Apalagi musim ujan gini, harus waspada

    ReplyDelete
  39. stuju bget nih saya dgn cara pencegahannya sob, smoga bisa terhndar :)

    ReplyDelete
  40. untung ane sering kuras bak mandi n jaga kebersihan hehehe

    ReplyDelete
  41. artikelnya sangat bermanfaat..untuk pola hidup sehat

    ReplyDelete