TERBARU
Loading...

MENGENAL PENYAKIT DEMAM TIFOID (TIPES) DAN CARA MENGATASINYA

MENGENAL PENYAKIT DEMAM TIFOID (TIPES) DAN CARA MENGATASINYA

            Demam tifoid atau yang biasa disebut Tipes atau Thypus merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi  atau Salmonella paratyphi yang menyerang bagian saluran pencernaan. Demam tifoid termasuk penyakit yang menular dan dapat menyerang banyak orang sehingga dapat menimbulkan wabah.  

            Salmonella thypi dapat ditularkan melalui berbagai cara yang dikenal dengan 5F yaitu Food (Makanan), Fingers (Jari tangan/kuku), Fomitus (Muntah), Fly (Lalat) dan melalui Feses. Kuman tersebut dapat ditularkan melalui perantara lalat, dimana lalat akan hinggap dimakanan yang akan dikonsumsi oleh orang sehat.

            Salmonella thypi masuk ke tubuh manusia melalui makanan dan minuman yang sudah tercemar. Setelah masuk ke lambung, sebagian kuman akan dimusnahkan oleh asam lambung dan sebagian lagi berhasil lolos masuk  ke usus halus bagian distal yang bisa menyebabkan usus menjadi iritasi. Setelah itu akan mengeluarkan endotoksin sehingga menyebabkan darah mengandung bakteri. Setelah melalui aliran darah  dan jaringan limfoid akan menuju ke limfa dan hati.

            Di dalam jaringan limfoid kuman akan berkembang biak dengan baik kemudian masuk kembali ke aliran darah sehingga menimbulkan tukak yang berbentuk lonjong pada mukosa usus. Tukak tersebut menyebabkan  perdarahan dan perforasi usus. Perdarahan menimbulkan panas dan suhu tubuh juga meningkat sehingga tubuh beresiko kekurangan cairan.

MENGENAL PENYAKIT DEMAM TIFOID (TIPES) DAN CARA MENGATASINYA 

1. Gejala klinis

a.      Demam
Demam berlangsung selama 3 minggu. Pada minggu pertama suhu tubuh akan berangsur-angsur meningkat setiap harinya, dan biasanya menurun pada pagi hari dan meningkat kembali pada malam hari. Pada minggu kedua, penderita terus berada dalam keadaan demaM. Pada minggu ketiga suhu tubuh berangsur-angsur turun dan normal kembali pada akhir minggu ketiga.

b.      Gangguan pada saluran pencernaan
-         Pada mulut : Nafas berbau tidak sedap, bibir kering dan pecah-pecah, Lidah ditutupi selaput putih, ujung dan tepinya kemerahan.
-         Pada abdomen: perut kembung, hati dan limpa membesar yang disertai dengan nyeri, dan biasanya didapatkan konstipasi (sembelit), dan diare, akan tetapi mungkin saja normal

c.      Gangguan Kesadaran
     Umumnya kesadaran penderita menurun walaupun tidak berapa dalam yaitu Apatis (sikap acuh tak acuh untuk berhubungan dengan sekitarnya) sampai Somnolen (respon psikomtornya lambat, mudah tertidur). Jarang terjadi sopor, koma atau gelisah.

2. Faktor Resiko

Faktor  yang meningkatkan resiko terjadinya penyakit tipes yaitu:
-         Lingkungan yang kumuh
-         Berinteraksi langsung dengan penderita tipes
-         Lemahnya sistem kekebalan tubuh
-         Makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri Salmonella thypi

3. Penanganan

-         Bagi penderita tipes sebaiknya menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan. Untuk mengantisipasi penyebaran kuman yang semakin banyak dan berkembang.
-         Hindari memakan makanan yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat yang tinggi
-         Istirahat yang cukup untuk memulihkan kembali kondisi tubuh
-         Perbanyak minum air putih. Karena air putih dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dan dapat membantu melarutkan kuman yang terdapat pada usus

4. Pencegahan

-         Menjaga lingkungan tetap bersih
-         Hindari makanan yang tidak higienis
-         Cuci tangan sebelum makan
-         Sebaiknya melakukan vaksin tifoid
-         Istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

                                                                                            By Innah hanur


38 comments: Leave Your Comments

  1. wah , bener ni kawan ane kena penyakit ini demam sampe 3 minggu , buat yang nggak mau kena wajib banget tu baca pencegahannya

    ReplyDelete
  2. wah mantep nih gan infonya, sangat bermanfaat buat jaga kesehatan

    ReplyDelete
  3. Makasih atas infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Ini penyakit yang paling rawan terjadi gan, bisa fatal juga kalau nggak ditangani dengan benar..

    ReplyDelete
  5. wahh sangat bahaya banget ya, makasih udh dikasih tau :)

    ReplyDelete
  6. aku pernah kena gan hehe tapi alhamdulillah yah sekarang masih bisa bw bw an eh

    ReplyDelete
  7. Mesti jaga kesehatan dengan baik, bahaya kalo udah keserang tipes,
    Nice share gan

    ReplyDelete
  8. tnk gan jadi tau Gejala klinis

    ReplyDelete
  9. ternyata demam itu gak bisa disepelekan ya gan, nice info

    ReplyDelete
  10. klo demam sm tipes beda/sama gan??

    ReplyDelete
  11. wah jadi perlu hati" nih kita....bahaya juga ya ternyata

    ReplyDelete
  12. Wah bahya juga gann thankk gan info nya

    ReplyDelete
  13. nice info gan harus hati2 nh mulai sekarang mengenal gejala penyakit

    ReplyDelete
  14. wah bagus nih, makasih gan sangan membantu infonya..

    ReplyDelete
  15. Wah bahaya ternyata ya, ane pernah kena nih awalnya di anggap demam biasa ehh ternyata tipes.

    ReplyDelete
  16. Thanks gan infonya jadi tau ane

    ReplyDelete
  17. Bahaya tuh kalo sampe kena penyakit itu.

    ReplyDelete
  18. infonya yang sangat bermanfaat jadi semakin hati2 dengan penyakit tersebut

    ReplyDelete
  19. wahh harus tetep jaga kondisi kesehatan nih, thanks infonya gan :)
    http://itechnology18.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  20. kunjungan perdana diblog agan hehe. wah jadi ke inget dulu pas masih kecil gan pernah sakit tipes dan ke inget dulu setiap hari jari diambil darahnya buat ngecek penyakitnya. makasih gan infonya :)

    ReplyDelete
  21. Perawatan dan pengobatan terhadap penderita penyakit demam Tifoid atau types berguna menghentikan invasi kuman, memperpendek perjalanan penyakit, mencegah terjadinya komplikasi, serta mencegah agar tak kambuh kembali. Pengobatan penyakit tifus dilakukan dengan jalan mengisolasi penderita dan melakukan desinfeksi pakaian, faeces dan urine untuk mencegah penularan. Pasien harus berbaring di tempat tidur selama tiga hari hingga panas turun, kemudian baru boleh duduk, berdiri dan berjalan.

    ReplyDelete
  22. temen ane meninggal krn tipes,...padahalorngnya baik sm ane,,,mlh dh g ad ,..

    by dedi mekanikmistubsihi

    ReplyDelete
  23. Penyakit yang satu ini sering saya derita gan :)

    ReplyDelete
  24. Infonya bagus tolong tambahkan tindakan emergency saat orang tersebut mengidap gejala awal,penting soalnya musim hujan

    ReplyDelete
  25. Infonya bagus tolong tambahkan tindakan emergency saat orang tersebut mengidap gejala awal,penting soalnya musim hujan

    ReplyDelete
  26. nice inpoh,,,,sering-sering posting info penting kaya begini gan,,, terima kasih ya gan...

    ReplyDelete