Selama
ini mungkin anda sudah melihat banyak sekali pembalap profesional motor trail
yang selalu tampil memukai didalam arena balap. Bagi mereka
kondisi-kondisi seperti jatuh, luka, debu ini sudah menjadi hal sangat wajar,
karena memang dalam belajar motor trail mereka sudah berulangkali melihat hal
merasakan hal tersebut.
Sering
dengan berjalannya waktu dalam belajar motor trail, hal
seperti ini akan sangat mudah dihindari karena sudah mengetahui beberapa hal
penting dalam balap motor trail. Bagi anda yang ingin belajar
motor trail, ada baiknya anda mengetahui beberapa kesalahan pengendara motor
trail pemula yang sering dilakukan agar dalam latihan anda bisa lebih
berhati-hati. apa saja kesalahan tersebut? silahkan lihat pembahasan kami
berikut ini.
TIPS - TIPS MENGENDARAI MOTOR TRAIL BAGI PEMULA
1. Penggunaan gas dan kopling
Salah satu kesalahan pengendara motor trail
pemula yang sering saya lihat adalah kurang tepatnya penggunaan gas dan kopling
seperti kapan waktu yang pas untuk menekan kopling, melepaskan kopling atau
buka gas seusai.
Cari tahu informasi yang tepat terkait dengan penggunaan gas dan kopling kepada seorang yang sudah ahli dalam bidang balap trail. pahami dan praktekan teori yang diajarkan oleh pelatih dalam latihan rutin anda.
2. Perhatikan keseimbangan
Mungkin anda sudah pernah mendengar dari
orang yang ahli dalam motor trail bahwa mengendarai motor trail ini sangat
mudah seperti mengendarai motor biasa. Jika demikian, anggap saja omongan teman
anda ini hanyalah sebuah motivasi bagi anda agar lebih giat dalam belajar motor
trail.
Kenyataanya, belajar motor trail tidak semudah yang dibayangkan, anda harus memiliki keseimbanagn tubuh yang sangat baik. Salah satu contoh kasusnya adalah dalam teknik drop ataupun jumping, teknik ini sendiri sangat tergantung buka gas ataupun pengereman.
3. Posisi badan
Dan kesalahan pengendara motor trail pemula
yang selanjutnya adalah tidak bisa menepatkan badan pada posisi yang tepat.
Posisi badan ini sangat berkaitan erat dengan keseimbangan saat bermain motor
trail.
Tanyakan pada senior atau pelatih anda mengenai posisi badan yang benar dalam mengendarai motor trail. Jika anda sudah bisa menyeimbangkan tubuh pada saat drop atau jump, sekarang anda bisa memaksimalkan dengan belajar menggunakan posisi tubuh yang benar.
4. Mental
Mungkin selama ini anda hanya menganggap
bahwa orang yang memiliki skill dan
kekuatan motor yang cepat pasti akan memenangkan sebuah pertandingan. Sekarang
hilangkan presepsi tersebut, karena faktanya mental menjadi salah satu faktor
yang paling menentukan dalam arena balap.
Itulah
beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh seorang pemula dalam belajar motor
trail. Perlu anda ketahui bahwa untuk menjadi seorang pembalap trail
propesional dibutuhkan waktu belajar yang tidak sedikit, jadi sebaiknya anda
jadi lebih giat untuk belajar motor trail.
Nice share gan, ane masih pemula naik motor trail hehe
ReplyDeleteWah,manteb nih infonya, bisa dicoba
ReplyDeletebegitu caranya apakah berbeda yah sama mengendarai motor sport.
ReplyDeletenice info
macam anak menteng
ReplyDeletenice gan, ane blm pernah naek motor traill hehe
ReplyDeleteWaaah....menjaga keseimbangan kayaknya sulit banget nih kalo naik motor trail....Thanks ya tipsnya Gan :D
ReplyDeletePengen Nyoba Motor Trail Nih Kalau Ada Waktu, Mau Ngerasain Sensasi Terbang Lewati Bukit... Mantap Semua Artikelnya Gan... Nice Blog.
ReplyDeleteWah lumayan nih info nya buat ngendarain motor trail
ReplyDeletebagus banget jadi pengen mencobanya gan
ReplyDeleteThanks tips nya gan cukup membantu buat nyoba motor Trail :)
ReplyDeleteWah.. Sepertinya Mas Ahmad bisa ngajarin saya nih.. :)
ReplyDeletewahh pengen coba juga gann ane naik motor bgituan :)
ReplyDeleteBtw pos ente bgus gann nike artikel x
by music djavu :)))
info bagus sob kebetlan ponakan hobi motor kaya gini
ReplyDeleteoke sip ,, sulit juga ya hee
ReplyDeletethanks gan tipsnya, saya gapernah naik trail gan, numpaknya bebek heheeh
ReplyDeleteInfo bagus nih untuk saya
ReplyDeletesoal nya saya masih pemula
mantep lah artikel nya. tp nyimak aja dah gak pernah naik soalnya hehe
ReplyDeletenice post gan lanjutkan
ReplyDeletejadi pengen coba pakai motor trail
ReplyDeletesangat bermanfaat thanks
ReplyDeletepengen bget cobain traile, tp belum kesampaian beli..thks infonya gan
ReplyDeletetipsnya sangat bermanfaat gan, kebetulan adik saya sedang latihan trail, nanti saya beritahu dia untuk berkunjung ke blog ini...
ReplyDeletetetep aja mental dulu gan yg point pertama bagi ane :D
ReplyDeletewihh , makasih tipsnya jadi pengen coba ... tapi nggak punya motornya . hehehe :D
ReplyDeleteane naik motor kopling biasa aja gak bisa, apalagi naik motor trail wkwk, ...
ReplyDeleteskya suka lg demam trail bang,artikelnya sngt membantu
ReplyDeleteby dedi mekanikmitsubishi
Ini yang saya cari,,
ReplyDeleteSangat detail,,
Sebagai newbie,, saya sangat terbantu,,
Thx,,
artikel bermanfaat sob :D
ReplyDeletethanks infonnya, bisa buat belajaran trail nih
ReplyDelete