TERBARU
Loading...

MENGENAL PENYAKIT GOUT (ASAM URAT) DAN CARA MENGATASINYA

MENGENAL PENYAKIT GOUT (ASAM URAT) DAN CARA MENGATASINYA

      Gout (Asam Urat) merupakan suatu penyakit di mana terjadi penumpukan asam urat di dalam tubuh secara berlebihan,  baik yang diakibatkan dari produksi yang meningkat, pembuangannya melalui ginjal menurun, atau akibat dari peningkatan asupan makanan yang kaya akan purin.

MENGENAL PENYAKIT GOUT (ASAM URAT) DAN CARA MENGATASINYA 

          Asam urat adalah hasil produksi dari tubuh yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin, yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah purin terdapat dalam tubuh dan juga banyak dijumpai pada tanaman (sayur, buah-buahan, kacang-kacangan) dan hewan (daging, jeroan, dan ikan sarden). Asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh yang kadarnya tidak boleh berlebih

          Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuhnya, karena setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat. Sedangkan yang menjadi pemicu dari penyakit ini berasal dari makanan dan senyawa lain yang mengandung purin. Sebenarnya tubuh kita telah menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan sehari-hari. Ini berarti kebutuhan purin dari makanan hanya dibutuhkan sekitar 15%.

          Dalam keadaan normal kadar asam urat di dalam darah pada pria kurang dari 7 mg/dl sedangkan pada wanita  kurang dari 6 mg/dl. Jika konsentrasi asam urat di dalam darah lebih besar dari 7,0 mg/dl akan menyebabkan terjadinya penumpukan kristal asam urat. Dan apabila kristal asam urat telah mengendap dalam sendi, akan terjadi peradangan dan diteruskan dengan serangan gout. Apabila serangan terus berulang akan menyebabkan kristal asam urat mengendap di bagian perifer tubuh seperti ibu jari kaki, tangan dan telinga. Penumpukan asam urat yang terjadi secara sekunder dapat mengakibatkan terbentuknya batu ginjal yang disertai dengan penyakit ginjal kronis.

1. Tanda dan Gejala


-         Nyeri sendi secara mendadak biasanya terjadi pada pagi hari dan malam hari
-         Nyeri berdenyut dan sangat sakit. Apabila kita bergerak nyeri akan bertambah
-         Nyeri terasa di persendian kaki, tangan, tumit serta siku
-         Sendi yang terserang berwarna kemerahan, bengkak dan sudah mulai meradang

2. Faktor Resiko Terjadinya Asam Urat


          Tidak semua orang dengan peningkatan asam urat dalam darah akan menderita penyakit asam urat. Namun ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang menderita asam urat seperti:

a.      Makanan yang kaya akan purin dapat meningkatkan kadar asam urat. Contohnya seperti makanan laut, daging sapi, daging kambing, dan jeroan
b.      Alcohol dapat menyebabkan pembuangan asam urat lewat urin berkurang, sehingga asam urat di tetap bertahan di dalam tubuh.
c.      Kurang mengkonsumsi air putih
d.      Kelebihan berat badan (obesitas)
e.      Penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu yang lama
f.       Seseorang yang mempunyai riwayat keluarga  dengan penyakit asam urat
g.      Sesorang yang mempunyai penyakit diabetes mellitus, hipertensi dan gangguan ginjal

3. Penatalaksanaan


a.      Pengobatan
Dengan obat kolkisin, Anti inflamasi Non Steroid (OAINS), kortikosteroid
Untuk obat tradisional bisa menggunakan daun salam, sirsak, buah pare dan apel malang
b.      Pencegahan
-         Hindari mengkonsumsi makanan yang kaya akan purin secara berlebihan
-         Tidak meminum alcohol
-         Jika obesitas, kurangi berat badan

By Innah Hanur


25 comments: Leave Your Comments

  1. kebetulan salah satu keluarga ane kena penyakit asam urat gan,,, dan ane tidak tau klo daun sirsak itu bisa di buat obat asam urat..nice infonya gan

    ReplyDelete
  2. banyak pelajaran dan informasi yang bisa diambil dari artikel ini, sangat bermanfaat.
    terima kasih infomnya.

    ReplyDelete
  3. wahh info yg sangat bermanfaat...thank's gn...

    ReplyDelete
  4. info yang sangat bermanfaat sekali dan thanks telah berbagi

    ReplyDelete
  5. jadi tau ASAM URAT DAN CARA MENGATASINYA hee

    ReplyDelete
  6. biasanya orang tua yang terkena asam urat btw apel malang dan sirsak cuma dimakan aja atau ada cara lain

    ReplyDelete
  7. wah kalo sering peget2 gitu bisa jadi asam urat gak ya huuuuhf

    ReplyDelete
  8. wah bermanfaat bngt mas infonya thanks

    ReplyDelete
  9. sangat bermanfaat nih gan. artikel tentang gout asam urat nya.. terima kasih infonya...

    ReplyDelete
  10. Penyakit asam urat kini memang menjadi masalah bagi lansia hampir diseluruh pelosok negeri. Semoga aja dengan adanya solusi yang sudah dipaparkan diatas angka penurunan penderita asam urat bisa berkurang

    ReplyDelete
  11. sangat bermanfaat gan, btw agan ini dokter atau apa yaa, ngerti banget tentang ginian :D

    ReplyDelete
  12. Nambah ilmu, mantap artikelnya...
    Ditunggu updatenya..

    ReplyDelete
  13. wah jadi tau banyak kalau gin, sangat bermanfaaat

    ReplyDelete
  14. Pumpung masih muda, sebaiknya kita selalu jaga kesehatan, btw infonya bermanfaat sekali gan.

    ReplyDelete
  15. akhirnya bisa tahu tetang asam urat, thanks infonya

    ReplyDelete
  16. Sangat brmnfaat sekali artikelnya sya jadi lebih tau tntng ap itu penyebab aasam urat dan bgmana cara pncegaannya.trimms

    ReplyDelete
  17. Ohhh Itu faktor Terjadinya Asam Urat ? Ane Harus Hindari Nihh :D

    ReplyDelete
  18. ini bisa di share k ttga yg punya pnykit asm urt

    ReplyDelete
  19. MAkasih gan info nya nih buat ngobatin penyakit asam urat nya jadi tambah tau deh

    ReplyDelete
  20. makasih banget gan infonya, bilangin emak dah ehhehe soalnya emak punya asam urat

    ReplyDelete
  21. Ok gan bgus postingannya.

    ReplyDelete
  22. jadi seperti itu yah yg namanya asam urat, baru tau ane
    nice

    ReplyDelete