TERBARU
Loading...

CARA MELAKUKAN PEMANASAN YANG BAIK SEBELUM BEROLAHRAGA

CARA MELAKUKAN PEMANASAN YANG BAIK SEBELUM BEROLAHRAGA
           
Seorang yang sudah terbiasa melakukan olahraga, sebelumnya  pasti mereka akan melakukan pemanasan agar resiko cidera bisa minimalisisr sekecil mungkin. Selain itu, pemanasan juga memiliki manfaat agar otot tidak menjadi kaku dan nyeri karena peredaran darah akan menjadi lancar, maka banyak banyak orang yang melakukan pemanasan sebelum olahraga.

  Perlu anda ketahui bahwa aktivitas yang sehari-hari kita lakukan berbeda dengan olahraga. Dalam olahraga pergerakan otot dan sendi akan menjadi aktif, maka jika anda melakukan pemanasan sebelum olahraga otot dan sendi akan menjadi lebih siap, sehingga tidak cidera atau kram.

  Seorang yang melakukan pemanasan akan memiliki pasokan oksigen lebih banyak yang akan membuat tubuh menjadi lebih kuat sehingga kita bisa melakukan gerakan dengan bebas. Lalu seperti apa cara melakukan pemanasan agar tubuh menjadi lebih siap di saat olahraga? Berikut akan kami hadirkan ulasanya untuk anda.

CARA MELAKUKAN PEMANASAN YANG BAIK SEBELUM BEROLAHRAGA 

1.      Gerakan dinamis

 Sebelum anda melakukan olahraga anda bisa melakukan pemanasan dengan gerakan yang dinamis. Gerakan dinamis yang sering digunakan sebagai pemanasan sebelum olahraga ini seperti gerakan menekuk pendek dan panjang tangan, menggerakan kaki, atau menengokan bagian kepala. Dengan pemanasan seperti ini akan membuat otot yang sedikit kaku akan menjadi lebih keras.

2.      Lompatan

 Cara melakukan pemanasan yang selanjutnya yaitu dengan melakukan lompatan, ada banyak cara untuk melakukan lompat ini dan salah satunya menggunakan media tali. Lakukan hal ini selama lima menit sebelum olahraga dimulai dimulai dengan tempo yang paling pelan sampai tempo yang paling cepat. Lompatan ini bertujuan agar suhu tubuh akan meningkat dengan cepat sehingga jantung akan mampu bekerja dengan keras dan akhirnya akan membuat olahraga kita menjadi lebih efektif.

3.      Lari kecil

 Cara melakukan pemanasan yang selanjutnya adalah dengan melakukan lari-lari kecil sampai suhu tubuh menjadi lebih tinggi, yaitu sekitar 5 sampai 10 menit. Perlu anda ketahui bahwa aktivitas lari-lari kecil menjadi salah satu pemanasan sebelum olahraga yang sangat efektif. Mengapa bisa begitu? Hal ini karena lari-lari kecil akan membuat otot yang ada pada tubuh tergerak sehingga otot akan menjadi lebi lemas.

4.      Squats

  Gerakan pemanasan sebelum olahraga yang keempat yaitu dengan melakukan gerakan squats tanpa adanya beban. Jneis pemanasan yang satu ini akan membuat kaki anda menjadi lebih hangat sehingga lebih siap untuk melakukan aktivitas yang lebih berat.

 Demikian beberapa cara melakukan pemanasan sebelum olahraga agar tubuh menjadi lebih siap dan resiko adanya cidera pada saat olahraga bisa kita hindari. Yang terpenting anda tidak boleh melakukan pemanasan dengan berlebihan, karena pemanasan yang berlebihan akan sangat menguras tenaga sehingga olahraga yang kita lakukan menjadi kurang maksimal.


23 comments: Leave Your Comments

  1. ini nih yang mungkin sering kali diabaikan oleh sebagian orang yang baru akan memulai berolahraga, kalau sering mengabaikan pemanasan bisa berakibat buruk ya gan, btw nice tips gan, bermanfaat nih buat yang mau olahraga :)

    ReplyDelete
  2. mantap infonya gan jadi pingin olahraga maklum jarang olah raga nice info

    ReplyDelete
  3. ternyata gitu pemanasan yang baik, thanks gan

    ReplyDelete
  4. tambahan kemaren yah gan terimakasih banyak
    untuk diterpkan lansung nih

    ReplyDelete
  5. nice share ilmu bermanfaat sekali, makasih mas

    ReplyDelete
  6. tips nya bermanfaat kalo mau olah raga nih

    ReplyDelete
  7. thanks infonya gan.... sangat bermanfaat nih tips pemasan saat olahraga...

    ReplyDelete
  8. Luar Biasa Gan... Infonya Sangat Bermanfaat.

    ReplyDelete
  9. Bermanfaat nih, biar gak cedera saat olahraga yang lumayan berat

    ReplyDelete
  10. terkadang pemanasan selalu diabaikan gan,, termasuk saya suka malas pemanasan kalo mau olahraga hehehe

    ReplyDelete
  11. pemanasan itu sama pentingnya sama pendinginan, kalo ga dilakuin bakal bikin otot2 nyeri :)

    ReplyDelete
  12. mantap nih gan, thanks info nya cocok

    ReplyDelete
  13. stretching padahal bagus buat tubuh tapi banyak yg ngeremehin :D

    ReplyDelete
  14. saya ga tau banyak tentang pemanasan jadi sering nyeri otot kalo olahraga thanks infonya

    ReplyDelete
  15. Nice tips gan , makasih nih izin share ya

    ReplyDelete
  16. kebetulan nih, ane suka futsal,tanks infonya gan

    ReplyDelete
  17. Banyak orang seringkali mengabaikan proses pemanasan sebelum olahraga. Padahal, pemanasan sangatlah penting dan dibutuhkan sebagai persiapan tubuh Anda sebelum olahraga. Jika pemanasan tidak benar, risiko mengalami cedera akan semakin tinggi.

    ReplyDelete
  18. nah ini nih yang suka dilakuin temen temen ane pas disekolah hehehe, makasih gan

    ReplyDelete
  19. informasi yang bagus gan
    thanks ;D

    ReplyDelete
  20. nicee biar gk salah urat nihh :v

    ReplyDelete